Balon Walikota Padangsidimpuan Masih Sepi, Zulpeddi Simamora Siap Calonkan Diri

Redaksi: Senin, 20 Maret 2017 | 00.10.00

Drs. H. Zulpeddi Simamora, MM. (Foto: Riswandy)
PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Tanpa terasa, sekira 8 bulan lagi masa jabatan Walikota Padangsidimpuan periode 2013-2018 akan berakhir dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padangsidimpuan dipastikan akan berlangsung tahun 2018. Namun nuansa politik siapa yang akan maju mencalonkan diri untuk maju sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota Padangsidimpuan untuk periode 2018-2023 hingga saat ini sama sekali belum kelihatan.

Walau demikian, dari issu yang berkembang, justru Drs. H. Zulpeddi Simamora, MM yang sekarang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan yang sudah mendeklarasikan diri untuk ikut Balon Walikota Padangsidimpuan dan disebut-sebut, ia akan diusung tiga Parpol besar di Kota Padangsidimpuan yakni Partai Golkar, Partai Kebangkitan    Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Zulpeddi Simamora yang dikonfirmasi, Kamis (16/3) terkait kebenaran issu dirinya akan mencalonkan diri menjadi Walikota Padangsidimpuan tidak menampik hal itu. Bahkan dengan tegas dinyatakannya, kalau memang issu itu benar dan memang kehendak masyarakat ia siap untuk maju.

“Saya rasa hal itu sah-sah saja, apalagi pegabdiannya di Kota Padangsidimpuan sudah cukup makan asam garam. Bahkan saya sangat bersyukur kalau kalau memang ada tiga Parpol besar di Kota Padangsidimpuan yang bersedia untuk jadi perahunya nanti,“ ucapnya.

Ditambahkannya, selaku kader salah satu Organisasi Kepemudaan (OKP) terbesar di Indonesia, dirinya harus siap bila memang masyarakat menginginkannya untuk maju sebagai Balon Walikota Padangsidimpuan.

“Kalau memang kehendak masyarakat Kota Padangsidimpuan, saya siap maju dalam Pilkada 2018 untuk  menjadi Walikota Padangsidimpuan periode 2018-2023 dan dalam waktu dekat ini, saya akan coba lakukan pembicaraan dengan partai-partai politik yang issu nya akan mengusung saya nanti,“ tambahnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Kota Padangsidimpuan H. Sulaiman Harahap, BA menjelaskan, pencalonan diri Zulpeddi sebagai Balon Walikota Padangsidimpuan nanti merupakan hak setiap warga negara Indonesia.

Menurutnya, hadirnya Zulpeddi dalam pencalonan Walikota Padangsidimpuan nanti akan memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan Pilkada Kota Padangsidimpuan nanti dan selaku kader Pemuda Pancasila, ia harus benar-benar siap lahir bathin.

“Kalau memang Zulpeddi sudah siap untuk maju dan saya diminta untuk membantu, saya akan upayakan semampu saya. Apalagi Zulpeddi merupakan salah satu kader  terbaik di Pemuda Pancasila,“ tegas Ketua MPO PP Kota Padaangsidimpuan ini.

Terkait issu pencalonan Zulpeddi Simamora ikut Balon Walikota Padangsidimpuan periode 2018-2023, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si menyatakan, siapapun berhak mencalonkan diri, asalkan Walikota terpilih nantinya mampu memberikan kontribusi terbaik kepada rakyatnya.

Andar mengakui, sebagai Kepala Daerah ia belum mengetahui kalau Zulpeddi akan ikut Balon Walikota Padangsidimpuan, karena hingga kini, Zulpeddi masih aktif sebagai Sekda Kota Padangsidimpuan.

“Sampai saat ini ia (Zulpeddi-red) masih staf saya dan kalau benar niatnya mau ikut mencalonkan diri menjadi Balon Walikota Padangsidimpuan tentu harus jalani prosedur, karena Kepala Daerah lah yang akan memberikan rekomendasi. Demikian juga dengan Parpol pengusung juga harus kita tentukan,“ kata Andar.

Sementara itu, pengamat politik Kota Padangsidimpuan Guntur Ritonga mengatakan, sepinya peminat untuk pencalonan Walikota Padangsidimpuan sangat disayangkan. Pasalnya, hal itu semakin memperkecil kesempatan bagi publik untuk mengenal lebih jauh calon-calon yang maju pada Pilkada nantinya.

“Kalau mepet-mepet, besar kemungkinan calon yang muncul ya.. figur dan sosok lama saja. Padahal, publik jelas menginginkan adanya pilihan lain. Bukan berarti yang lama tidak dipilih, tapi kalau ada figur lain, rakyat bisa lebih banyak pilihan,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, selain Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si selaku patahana, juga ada beberapa nama yang sempat digadang-gadangkan untuk ikut maju sebagai Balon Walikota Padangsidimpuan periode 5 tahun ke depan pada Pilkada mendatang seperti, Mhd. Isnandar Nasution, S.Sos (Wakil Walikota),  Hj. Taty Aryani Tambunan, SH (Ketua DPRD), Zulpeddi Simamora (Birokrasi), Rusydi Nasution (pengusaha), Eel Ritonga (seniman), H. Marataman Siregar dan Irsan Efendi Nasution (anggota DPRD). (Wan9)
Editor: Mardan 




Komentar