IPHI dapat Penghargaan dari MURI

Redaksi: Minggu, 30 April 2017 | 20.21.00

Rapat Kerja Nasional Regional I Sumatera sekaligus merayakan Hari Lahir (Milad) ke-27 IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) yang dilaksanakan di Asrama Haji Medan, Sabtu, 29 April 2017. (Foto: kemenagsu)

MEDAN| HARIAN9 
Pawai Pakaian Ihram adalah merupakan rangkaian acara dalam memeriahkan Rapat Kerja Nasional Regional I Sumatera sekaligus merayakan Hari Lahir (Milad) ke-27 IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) yang dilaksanakan di Asrama Haji Medan, Sabtu, 29 April 2017.

Acara yang dibuka Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi pada Jumat 28 April 2017 yang lalu turut dihadiri Walikota Medan Dzulmi Eldin mendapat sambutan antusias dari Calon Jamaah Haji yang berangkat Tahun ini. Pawai juga dihadiri ribuan Haji dan Hajah yang tergabung di IPHI Sumut dan Medan.

Panitia mencatat pawai pakaian ihram ini diikuti sebanyak 3.295 peserta pawai termasuk masyarakat dan pelajar madrasah yang turut memeriahkan pawai pakaian ihram tersebut. Dimulai dengan pelepasan oleh ketua panitia Iwan Zulhami Kankankemenag Medan, IPHI Sumut, IPHI Medan dan IPHI Pusat secara bergantian, peserta yang berjalan dari Lapangan Bola Sejati menuju Asrama Haji Medan sebagai titik kumpul seluruh kegiatan.

Jumlah ini ternyata paling banyak dari jumlah peserta pawai dengan pakaian ihram yang pernah dilakukan di seluruh Indonesia sebelumnya. Oleh karenanya pawai dengan pakaian ihram yang digelar IPHI ini dicatatkan termasuk Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Pawai Terbanyak Pakaian Ihram.

Piagam penghargaan diberikan langsung perwakilan MURI yang hadir dan menyaksikan kepada Pengurus IPHI Sumatera Utara didampingi Iwan Zulhami perwakilan IPHI Kota Medan sekaligus Ketua Panitia yang menggagas acara pawai pakaian ihram, Gubernur Sumut dan Pimpinan Karomah.

Selain pawai, kegiatan juga diisi dengan khitanan 116 orang anak-anak, penyerahan buku nikah kepada 40 pasangan yang baru melaksanakan ijab Kabul, donor darah dan pameran kreatifitas IPHI distan yang disediakan.

Sebelumnya diserahkan IPHI Award kepada Gubernur Sumut, Walikota Medan juga kepada Gubernur Aceh, H Zaini Abdullah, Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasim, dan Bupati Pringsewu Lampung, H Sujadi. Diberikan langsung oleh Ketua Dewan Pembina IPHI Pusat, Jendral (Purn) H Joko Santoso didampingi Ketua IPHI Sumut H Ahmad Husein dan Ketua Panitia Iwan Zulhami.

Diharapkan dengan pemberian award ini para kepala daerahsemakin lebih peduli lagi dengan perkembangan dan kemajuan IPHI di daerahnya masing-masing. (kemenagsu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar