Menaker: Jadikan May Day, Momentum Merayakan Kemenangan Perjuangan Buruh

Redaksi: Minggu, 30 April 2017 | 21.37.00



DEPOK| HARIAN9 
Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat mengikuti gowes bersama SP/SB dan pengusaha di Komplek UI Depok, Jawa Barat pada Hari Sabtu (29/7/2017), mengatakan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2017 ini diharapkan menjadi momentum bagi pekerja/buruh untuk merayakan kemenangan. 

Yakni, kemenangan atas capaian-capain yang selama ini diperjuangkan. Oleh karenanya, momen besar ini diisi dengan agenda dan kegiatan yang produktif.

"Kita ingin hari buruh ini dijadikan temen-temen sebagai momentum untuk merayakan kemenangan perjuangan buruh," katanya.

Menurutnya, kondisi ketenagakerjaan dan isu perburuhan saat ini sudah berbeda dengan awal May Day dicetuskan. Ada beberapa capaian perjuangan Kaum Pekerja yang sudah tercapai. Meskipun belum sepenuhnya terpenuhi ataupun sesuai dengan keinginan pekerja/buruh.

"Jadi, May Day-nya harus menjadi momentum untuk merayakan kemenangan sekaligus juga merefleksikan gerakan buruh," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemnaker Haiyani Rumondang, May Day 2017 ini diharapkan berbeda dengan perayaan May Day sebelum-sebelumnya. 

May Day 2017 diharapkan diisi dengan berbagai kegiatan yang produktif. Agar lebih merekatkan kebersamaan antar sesama pekerja, SP/SB, Federasi, Konfederasi, maupun dengan Pemerintah dan pengusaha. Tentunya tanpa mengurangi spirit May Day itu sendiri.

"Namun intinya adalah bahwa membangun semangat kebersamaan dengan olah raga," katanya. (kemnaker/03) 
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar