Rem Blong, Truk Bermuatan Bahan Kelontong Terguling

Redaksi: Sabtu, 29 April 2017 | 00.49.00

Sebuah truk pengangkut bahan kelontong terlihat dalam kondisi terguling diduga akibat mengalami rem blong di Jalan Raja Inal Siregar, KM 9 Desa Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Jum,at (28/4). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Diduga rem blong, truk Fuso No Pol BK 8291 TF yang sarat bermuatan kelontong dari Medan tujuan Kota Padangsidimpuan terguling di Jalan Raja Inal Siregar, KM 9 Desa Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Jum,at (28/4)

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa tergulingnya truk tersebut berawal saat truk yang dikemudikan Sukirno (54), warga Jalan Yos Sudarso Kota Tebing Tinggi melaju dengan kecepatan sedang datang dari arah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menuju Kota Padangsidimpuan untuk membongkar muatan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tiba di daerah jalan yang menurun di Desa Simirik Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, tiba-tiba laju truk tidak bisa diperlambat dan saat rem diinjak ternyata sudah blong. Akibatnya, pengemudi truk pun menjadi panik. Tanpa pikir panjang dan menghindari terjadinya kecelakaan, pengemudi truk langsung banting stir, akibatnya truk menghantam tebing jalan dan terguling menimpa warung tempel ban yang pada saat kejadian dalam kondisi kosong.

Akibat dari kejadian itu, muatan truk tumpah berhamburan di jalan sehingga sempat memacetkan arus lalu lintas dua arah di wilayah tersebut yang saat itu jalanan cukup padat. Untuk mengatasi terjadinya kemacetan yang semakin parah, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Padangsidimpuan dipimpin Kasat Lantas AKP. M. Hasan tiba di TKP dan mengamankan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Polisi Lalu Lintas Polres Padangsidimpuan yang tiba di lokasi, langsung melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan dari para saksi, termasuk Sukirno, sopir yang mengemudikan truk

Menurut saksi mata Erwin (32), mengatakan, truk naas jenis Fuso tersebut datang dari arah Sipirok. Namun saat memasuki jalanan yang kondisinya menurun, truk bermuatan bahan kelontong tiba-tiba menabrak tebing jalan dan terguling dengan menumpahkan seluruh muatan truk.

Sementara itu, sopir truk Sukirno mengaku kalau truk yang dikemudikannya itu mengalami rem blong dan tidak berfungsi lagi, sehingga truk kehilangan kendali saat melintasi dijalan yang menurun.

“Terpaksa saya banting stir dan menabrakkannya ke tebing jalan agar truk bisa berhenti karena di depan saya banyak kenderaan lain yang melintas, jadi takutnya terjadi kecelakaan yang lebih fatal lagi,“ ungkap Sukirno.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Padangsidimpuan, AKP M Hasan yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya kecelakaan tunggal menyebabkan truk bermuatan bahan kelontong terguling di Jalan Raja Inal Siregar, KM 9 Desa Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan terguling dan menimpa bengkel tempel ban.

“Saat ini kita tengah melakukan penyelidikan dan memeriksa supir truk dan kernet truk. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai Rp.50 juta,“ ujar Kasat Lantas AKP. M. Hasan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar