Dinas Perkim Paluta Sosialisasikan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Perumahan

Redaksi: Kamis, 04 Mei 2017 | 02.50.00

Narasumber sedang memberikan paparan pada acara sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang perumahan kepada sejumlah aparat desa dan aparat pemerintahan Kecamatan Padang Bolak di aula Kantor Bupati Paluta, Rabu (3/5). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) menyelenggarakan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang perumahan di aula Kantor Bupati Paluta, Rabu (3/5).

Kegiatan yang diikuti para peserta dari kalangan aparat desa dan aparat pemerintah Kecamatan ini dibuka oleh Sekdakab Paluta Burhan Harahap, SH, dihadiri Sekretaris Dinas Perkim Kabupaten Paluta Ir Abu Tohir Harahap dengan narasumber yang didatangkan dari Dinas Tarukim Provinsi Sumut yakni Ir H Marzuki M.Eng serta Kabid Perumahan pada Dinas Perkim Paluta Dodi Jurkamda Harahap ST, MT.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH dalam arahannya menyampaikan, sosialisasi Peraturan Perundang Undang-Undangan Bidang Perumahan tersebut adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang peraturan yang berlaku.

Selain itu, sosialisasi ini juga untuk menyamakan persepsi dan menyebarluaskan informasi peraturan-peraturan dan perubahan dalam di bidang perumahan, sehingga dengan diadakannya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan tentang Peraturan Perundang-undangan Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang harus dipahami, serta dapat menjadi pegangan dan acuan bagi para pelaksana.

Oleh karena itu, sebagai langkah awal diberikan pembekalan yang cukup kepada masyarakat tentang berbagai aturan yang berkaitan dengan perumahan dan kawasan permukiman agar kedepannya dapat lebih dipahami sehingga program peningkatan permukiman dapat terwujud dengan baik khususnya di Paluta.

“Pembangunan dan pengembangan perumahan kawasan pemukiman diharapkan dapat bersinerji antara pemerintah pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota serta masyarakat melalui pemerintahan desa,” ujarnya.

Kepala Dinas Perkim Paluta Makmur Harahap melalui Sekretaris Ir Abu Tohir Harahap mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur desa khususnya terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang pekerjaan umum khususnya bidang perumahan.

Sosialisasi ini katanya akan dilaksanakan di 3 Kecamatan dalam waktu 3 hari dan hari ini dikhususkan untuk Kecamatan Padang Bolak saja dan akan dilanjutkan ke Kecamatan Halongonan dan Kecamatan Portibi.

“Sosialisasi ini untuk memberikan informasi seputar tentang perumahan dan kawasan permukiman khususnya kepada aparat desa dan aparat pemerintah Kecamatan. Hari ini khusus untuk Kecamatan Padang Bolak saja,” katanya.

Diharapkannya, dengan dibekali pengetahuan dan pemahaman tersebut, peserta diharapkan dapat menjalankan tugas sesuai dengan wewenangnya masing-masing dalam rangka mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat yaitu menyediakan infrastruktur yang andal bagi masyarakat. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar