Hari Pertama Pelaksanaan UN Tingkat SMP Sederajat Berjalan Lancar

Redaksi: Rabu, 03 Mei 2017 | 14.01.00

Wabup Paluta H Riskon Hasibuan SE didampingi Kepala Disdik Paluta Drs Umar Pohan Msi melakukan monitoring di SMP N 1 Padang Bolak dan SMP N 3 Padang Bolak, pada hari pertama pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat tahun 2017 (Foto : Riswandy)

PALUTA|HARIAN9
Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasyah Tsanawiyah (/MTs) negeri dan swasta di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) berjalan lancar, Selasa (2/5/2017).

Pelaksaaan UN di hari pertama yang tersebut, dimonitoring langsung oleh Wakil Wabup Paluta H Riskon Hasibuan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Drs Umar Pohan Msi, yang mengunjungi SMP Negeri 1 Padang Bolak dan SMP Negeri 3 Padang Bolak sekira pukul 10.30 Wib.

Wabup Paluta H Riskon Hasibuan pada saat monitoring mengimbau seluruh siswa agar dapat mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa mengikuti ujian tanpa gangguan.

Ia juga memberikan motivasi kepada siswa/i dalam menjawab soal ujian yang datangnya dari pusat supaya hati-hati mengisi LJK nya serta tidak salah dalam mengisi data-data secara lengkap dan benar.

“ Semangat dan fokus, agar dapat menjawab soal dengan benar. Hati-hati mengisi LJK dan datanya, jangan sampai salah. Isi jawaban yang gamp-ang-gampang dulu baru disusul yang sulit, ” kata Wabup.

Riskon berharap agar dalam pelaksanaan UN ini bisa berjalan lancar tanpa ditemukan ada kendala apa pun dari awal hingga selesai nantinya, “ saya minta Kadis Pendidikan memonitor UN ini secara sungguh-sungguh, “ ucapnya.

Sementara, Kadis Pendidikan Paluta, Drs Umar Pohan Msi menargetkan kelulusan UN tahun 2017 ini 100 persen dan hal ini mudah-mudahan bisa tercapai, apalagi persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum UN berlangsung, seperti pembekalan berbagai pengetahuan dan ilmu melalui metode pengajaran yang baik dan benar kepada siswa/ siswi yang akan ikut UN.

Ia menambahkan, di hari pertama pelaksanaan UN berjalan baik dan masih menggunakan kertas pensil atau UNKP karena daerah kita belum memungkinkan untuk pelaksanaan UNBK yang membutuhkan perangkat komputer.

“ Untuk pelaksanaan UN tingkat SMP sederajt tahun 2017 di Paluta belum berbasis komputer (UNBK) dan masih sistem Kertas Pensil (UNKP) dikarenakan belum memenuhi standar untuk pelaksanaan UNBK, “ terang Kadis.

Ia juga mengatakan,  hari pertama pelaksanaan UN untuk tahun ini dimulai pada pukul 10.30 Wib dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan dilanjutkan pada hari Rabu (3/5) mata pelajaran Matematika dan Kamis (4/5) mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan untuk mata pelajaran IPA, akan dilaksanakan pada hari Senin (8/5) sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“ Untuk tingkat kehadiran hari pertama UN, pihaknya belum bisa memastikan tingkat kehadiran, karena data secara keseluruhan dari setiap sekolah belum diterima. Meski begitu, menurut perhitungan sementara data yang masuk, dapat dikatakan tingkat kehadiran mencapai 95 persen dan peserta yang tidak hadir sebagian besar adalah siswa yang sudah dikeluarkan dari sekolah masing-masing, “ terangnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMP N 3 Padang Bolak Mastihari Siregar SPd mengatakan, dari 139 orang peserta UN di sekolah yang ia pimpin, ada 4 orang yang tidak hadir pada pelaksanaan UN hari pertama. Namun peserta yang tidak hadir tersebut, 3 orang sudah lama dikeluarkan dari sekolah dan 1 orang meninggal dunia.

Senada juga dikatakan Kepala Sekolah SMP N 1 Padang Bolak Sukardi Siregar Sag, dari 109 peserta UN di sekolah yang ia pimpin, 1 orang tidak hadir dikarenakan yang bersangkutan sudah dikeluarkan. Tapi karena sudah sempat dikirim datanya, makanya namanya masih tercantum di daftar peserta.

Perlu diketahui bahwa sesuai dengan data dari Disdik Paluta, peserta UN tingkat SMP/MTs tahun 2017 sebanyak 4638 siswa dengan rincian peserta dari SMP sebanyak 1959 siswa yang terdiri dari peserta SMP Negeri sebanyak 1604 siswa dan SMP swasta 355 siswa. Sedangkan peserta dari MTS sebanyak 2679 siswa yang terdiri atas peserta dari MTs Negeri sebanyak 413 siswa dan MTS swasta sebanyak 2266 siswa.(Wan9)


Komentar