Perempuan Berperan Besar dalam Perekonomian Di Indonesia

Redaksi: Kamis, 18 Mei 2017 | 01.49.00

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam acara RAKERNAS Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Jakarta pada hari Senin 15/5/2017). (Foto: kemnaker)

JAKARTA| HARIAN9
Pemerintah Indonesia berkomitmen akan terus mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia, terlebih wirausahawan perempuan. Wirausaha memiliki peran multy effect. Dimana pertumbuhan wirausaha sangat berperan terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

"Bersamaan dengan itu, kewirausahaan memberikan banyak kesempatan kerja kepada angkatan kerja, sehingga menurunkan jumlah pengangguran dan memberikan penghasilan kepada masyarakat," kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam acara RAKERNAS Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Jakarta pada hari Senin 15/5/2017).

Bekerja dan berwirausaha tidaklah memandang usia dan jenis kelamin. Untuk itu, kepada penguasaha muslimah yang menghadiri Rakernas tersebut, Menaker ingin mereka terus mengoptimalkan perannya.

"Muslimah harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah di amanahkan Allah SWT kepadanya secara optimal, baik di sektor domestik/rumah tangga maupun publik," jelasnya.

Dari Data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Perempuan, dari 48,87 persen pada 2015 menjadi 55,04 persen pada Februari 2017.

"Hal ini menunjukan bahwa perempuan telah semakin memperbesar perannya dalam perekonomian," sebutnya.

Berdasarkan data Sakernas Agustus 2016, jumlah perempuan yang berprofesi sebagai wirausaha/pengusaha adalah 14,3 juta orang. Jumlah meningkat 1,6 juta orang dibandingkan tahun 2015 yang baru berjumlah 12,7 juta orang.

"Bagi kaum muslimah sendiri, berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan pekerja/pengusaha adalah suatu keistimewaan (privillege). Untuk itu, muslimah harus sekuat tenaga dan senantiasa meningkatkan kemampuan agar semakin profesional menjalankan kedua peran tersebut," paparnya.(kemnaker/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar