Presiden RI Parlemen Penting untuk ASEAN yang lebih Inklusif

Redaksi: Senin, 01 Mei 2017 | 16.07.00

Presiden RI Joko Widodo menghadiri pertemuan Kepala Negara ASEAN dengan wakil ASEAN Inter-Parliamentary Association (AIPA) pada tanggal 29 April 2017 dalam rangkaian agenda KTT ke-30 ASEAN. (Foto: kemlu)


MANILA| HARIAN9
Presiden RI Joko Widodo menghadiri pertemuan Kepala Negara ASEAN dengan wakil ASEAN Inter-Parliamentary Association (AIPA) pada tanggal 29 April 2017 dalam rangkaian agenda KTT ke-30 ASEAN.

Hadir sebagai perwakilan AIPA Indonesia dalam pertemuan tersebut adalah Nurhayati Ali Assegaf dan Juliari Batubara.​

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengharapkan dukungan AIPA untuk melindungi buruh migran yang telah berkontribusi besar untuk kemajuan kesejahteraan ASEAN. Indonesia mengharapkan bantuan AIPA untuk mempromosikan pentingnya perlindungan buruh migran di seluruh negara anggota ASEAN-nya dan percepatan finalisasi instrumen pemajuan dan perlindungan buruh migran ASEAN.

Wakil AIPA dari Filipina, mewakili seluruh anggota AIPA menyampaikan dukungan AIPA untuk proses integrasi ASEAN pada ketiga pilar Masyarakat ASEAN. Wakil AIPA Filipina mendukung harapan Presiden RI untuk finalisasi segera instrumen pemajuan dan perlindungan buruh migran ASEAN serta berbagai upaya terkait untuk pemajuan dan perlindungan buruh migran di ASEAN.

KTT ke-30 ASEAN merupakan Pertemuan ASEAN pada tingkat Kepala Negara pertama dalam periode keketuaan ASEAN-Filipina di tahun 2017. Tahun ini juga menjadi ulang tahun ke-50 ASEAN yang berdiri pada tahun 1967.

Tema yang diusung Filipina adalah "Partnering for Change, Engaging the World". Tema tersebut diangkat untuk memajukan kesatuan negara anggota ASEAN dan mitra ASEAN di tingkat global guna menjadi kontributor aktif dalam membentuk masa depan yang sejahtera bagi seluruh masyarakat. (kemlu/03)
Editor: Mardan H Siregar

Komentar