Program Sejuta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Redaksi: Kamis, 18 Mei 2017 | 02.03.00

Ilustrasi

JAKARTA| HARIAN9 
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo hadir pada Seminar 2nd Property and Mortgage Summit 2017 yang diadakan oleh Majalah Infobank dan Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) di Ballroom Hotel Kempinski, Selasa (16/05).

Di kesempatan tersebut, Wamenkeu memberikan keynote speech mengenai akselerasi pemenuhan kepemilikan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui Program Sejuta Rumah.

“Program Sejuta Rumah untuk mendukung kemampuan MBR agar dapat memiliki hunian. Pemerintah berperan tidak hanya sebagai regulator tetapi juga akselerator di lapangan,” jelasnya.

Dijelaskannya, bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PERA) telah membentuk Badan Layanan Umum (BLU) khusus mengenai ini, yaitu Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). Tercatat tahun 2016 PPDPP telah menyediakan lebih kurang 58 ribu rumah dalam Program Sejuta Rumah.

“Selain melalui FLPP, Pemerintah juga memberikan bantuan penyediaan rumah berupa subsidi selisih bunga dan bantuan uang muka serta pembebasan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah sederhana, tapak, dan rusunawa. Hal ini dilakukan untuk mempercepat terutama backlog penyediaan rumah,” paparnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar