RI-Italia Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Redaksi: Rabu, 17 Mei 2017 | 13.34.00

Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menerima courtesy Menteri Pembangunan Ekonomi Italia, Selasa (16/5), di Jakarta. (Foto: ekon)

JAKARTA| HARIAN9
Indonesia dan Italia sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dengan Menteri Pembangunan Ekonomi Italia Carlo Calenda.

“Saya berharap kunjungan ini dapat memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Italia khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menerima courtesy Menteri Pembangunan Ekonomi Italia, Selasa (16/5), di Jakarta.

Sambungnya, Italia merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia. Menurut data Kementerian Perdagangan pada 2016, total nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Italia sebesar USD 3 miliar. Jumlah ini turun 8,6% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai USD 3,2 miliar.

Terkait dengan kerja sama perdagangan, ekspor utama Indonesia ke Italia adalah batubara, CPO, alas kaki, karet, kopi, peralatan perekaman, perabotan, garmen, kertas pulp. Sedangkan andalan impor Indonesia dari Italia antara lain mesin cuci, tabung dan pipa, kertas daur ulang dan kardus, mesin dan peralatan mekanik, produk kulit, suku cadang dan produk otomotif, serta mesin tekstil.

Di sektor investasi, investasi Italia di Indonesia pada 2016 adalah sebesar USD.26,7 juta yang terdiri dari 169 proyek.

Darmin percaya bahwa kerjasama ekonomi kedua negara akan meningkat di tahun-tahun depan. 

“Kami akan memberikan upaya terbaik untuk memperkuat dan melaksanakan semua proyek strategis antara Indonesia dan Italia,” tuturnya. (ekon/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar