Sebelum, Divaksin, Calhaj Padangsidimpuan Ikuti Senam Kesegaran Jasmani

Redaksi: Rabu, 17 Mei 2017 | 00.03.00

Para Calhaj Kota Padangsidimpuan yang akan dilakukan pemeriksaan keehatan, terlebih dahulu melaksanakan senam kesegaran jasmani (SKJ) di halaman Puskesmas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimuan, Selasa (16/5).  (Foto: Riswandy)


PADANGIDIMPUAN| HARIAN9
Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan melaksanakan tahap II pemeriksaan kesehatan, dengan menyuntikan Vaksin Meningitis dan Influenza kepada para Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kota Padangsidimpuan tahun 2017, yang dilaksanakan di Puskesmas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimuan, Selasa (16/5).

Sebelum di vaksin, para Calhaj terlebih dahulu melaksanakan senam kesegaran jasmani, yang dipandu staf Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan Indah D.Hasibuan, SKM, M.Kes, yang tujuannya para Calhaj yang akan di vaksin benar-benar bugar.

Kadis Kesehatan H. Letnan Dalimunthe, M.Kes melalui Sekretaris Drs. Syaiful Bahri didampingi Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) Ihram Kurnia Agusta, MKes dan Kasi Pelayanan Kesehatan, Hj. Ernawati, SKM mengatakan, pemberian vaksin kepada para Callhaj dilakukan secara bertahap, yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 15-18 Mei 2017, dengan melibatkan tim medis dan panitia dari Dinas Kesehatan.

“Untuk hari ini, para Calhaj yang diberikan vaksin tersebut sebanyak 60 orang yang berasal dari Kecamatan Padangsidimpuan Utara, yang diawali dengan senam ringan dan selanjutnya diberikan vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh saat berada di tanah suci “ ujar Syaiful Bahri.

Disebutkannya, untuk tahun 2017 ini ada 229 Calhaj yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dan seluruhnya harus menjalani pemeriksaan kesehatan, yang salah satunya pemberian vaksin Meningitis dan Influenza.

“Kedua vaksin ini sangat berguna untuk mencegah penyakit selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. Tapi juga para Calhaj tetap berprilaku hidup bersih dan sering ber olahraga agar tetap bugar,“ katanya.  (Wan9s)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar