Tambang Emas Martabe Gelar Gebyar Lansia

Redaksi: Minggu, 21 Mei 2017 | 03.29.00


Para lansia sedang mengikuti lomba peragaan busana  bertema “ Kartini Lansia Versi Tapanuli Selatan “, pada Gebyar Lansia 2017, memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di halaman Puskesmas Batangtotu, Sabtu (20/5).  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei 2017, Tambang Emas Martabe bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Puskesmas Batangtoru menggelar Gebyar Lansia yang di halaman Puskesmas Batangtotu, Sabtu (20/5).

Gebyar Lansia ini merupakan program Tambang Emas Martabe dalam berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia khususnya Kabupaten Tapsel dalam mewujudkan Lansia yang Bermartabat, Bahagia dan Sejahtera.

Beberapa rangkaian acara yang terdapat dalam gebyar lansia ini yakni, lomba senam lansia, lomba vokal grup lagu mars lansia dan lomba peragaan busana  bertema “ Kartini Lansia Versi Tapanuli Selatan “.

Gebyar Lansia melibatkan 23 desa di Kecamatan Batangtoru dan tiga desa di Kecamatan Muara Batangtoru, dengan jumlah peserta lomba mencapai 500 orang lansia dan setiap desa mengutus peserta untuk mengikuti lomba-lomba yang ada.

Selain gebyar lansia, Tambang Emas Martabe juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia di sekitar lokasi pertambangan. Pemeriksaan kesehatan gratis ini dapat dimanfaatkan oleh para lansia untuk mendeteksi penyakit tidak menular seperti pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan tekanan darah.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy mengemukakan, Gebyar Lansia sudah dua kali dilakukan yakni pada 2015 dan 2016. Adapun, pada tahun ini, Gebyar Lansia kembali diselenggarakan untuk terus memberikan perhatian khusus perusahaan terhadap seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali para lansia.

“Para lansia merupakan bagian penting dari komunitas yang perlu terus merasa berdaya, bahagia, mandiri dan sejahtera sehingga mereka mampu terus berkontribusi positif bagi masyarakatnya, apalagi para lansia sudah tidak lagi memiliki banyak aktivitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita burju mar orangtua (memperlakukan orangtua dengan baikI,” ungkap Tim Duffy.

Ditambahkannya, Tambang Emas Martabe juga telah membuktikan komitmen dan upaya serius meningkatkan kualitas hidup lanjut usia, baik dari aspek ekonomi, mental keagamaan, aktualisasi dan kualitas diri lanjut usia di sekitar lokasi tambang melalui klub senam lansia dan Posyandu Lansia.

Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu memberikan apresiasi kepada Tambang Emas Martabe dan Puskesmas Batangtoru atas penyelenggaraan Gebyar Lansia 2017.

“Pemberdayaan perempuan lansia juga menjadi salah satu program kerja kami. Kita harus bersama-sama meningkatkan pelayanan publik terhadap lansia, karena sudah sepatutnya memberikan perhatian penuh kepada para lansia,“ ungkap Syaufia Lina.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar