Dandim 0824 Jember Serahkan Zakat Secara Simbolis Kepada Amil Zakat Dari Perwakilan Yayasan Penerima

Redaksi: Kamis, 22 Juni 2017 | 18.31.00

Penyerahan Zakat Fitrah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto  kepada perwakilan amil zakat yang hadir pada 22/06/2017 Pukul 09.30 WIB di teras Makodim 0824. (Foto: sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Zakat Fitrah adalah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh kaum muslimin dengan standart sebesar 2,5 Kg per orang setara beras sebagai makanan pokok masyarakat pada umumnya,  yang diserahkan kepada amil atau paniti zakat yang ada dan disalurkan kepada kaum duafa yang berhak menerima zakat tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Kodim 0824 Jember yang membentuk amil zakat yang diketuai oleh Perwira Seksi Administrasi Kodim 0824 Kapten Czi Sumayar yang pada Ramadhan 1438 H ini telah menghimpun zakat dari anggota Kodim 0824 dan terkumpul sebanyak 4 ton.

Selanjutnya zakat tersebut diserahkan kepada amil zakat dari  yayasan yang ada di Kab Jember yang telah  mengajukan per surat kepada amin zakat Kodim 0824, karena banyaknya yayasan yang mengajukan sehingga masing-masing yayasan diberi sebanyak 1 kwintal dan sisanya dibagikan kepada masyarakat yang berhak disekitar Makodim 0824.

Diantara amil zakat  dari yayasan yang mengajukan adalah : Yayasan  Nur Amil Jl. Slamet Riyadi Jember, Yayasan Tri Bunga Bercahaya Jl Zaenal Abidin Ds Wirowongso Kec Ajung, Yayasan Al Azis Jl Merak Jember, Ponpes Miftahul Ulum Jl Koptu Berlian Jember dan lain-lain sebanyak 30 amil dan selebihnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak di sekitar Makodim 0824 Jember.

Penyerahan Zakat Fitrah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto  kepada perwakilan amil zakat yang hadir pada 22/06/2017 Pukul 09.30 WIB di teras Makodim 0824.

Sdr Misbah 35 tahun  dari amil zakat fitrah Yayasan Miftahul Ulum saat di wawancarai menjelaskan bahwa dirinya setiap tahun selalu mengajukan kepada kantor-kantor seperti Kodim 0824 Jember ini dan meninggalkan nomor tilpon sehingga saat pembagian seperti ini tinggal menghubungi.

Saat ditanyakan tanggapannya terhadap pembagian zakat ini, Misbah menyampaikan bahwa atas nama amil zakat dari yayasan mengucapkan terima kasih, kami setiap tahunnya dibantu oleh Kodim 0824 ini untuk menyalurkan kepada mereka yang berhak disekitar yayasannya, sekali lagi disampaikan terima kasih kepada anggota Kodim 0824 Jember semoga mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah SWT serta diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas negara yang sangat mulia ini.

Selanjutnya Kodmandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam sambutan singkatnya maupun dalam wawancaranya menyampaikan selamat datang kepada perwakilan amin zakat dari yayasan dan masyarakat yang telah hadir.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto menyampaikan poermohonan maaf mungkin masing-masing perwakilah hanya dapat menerima 1 kwintal dari amil Kodim 0824 Jember, karena yang mengajukan juga banyak sehingga saya perintahkan untuk dibagi rata saja biar adil, namun demikian dengan ketulusan dan keihlasan kami ber zakat ini semoga mendapatkan limbahan berkah dan rahmat dari Allah SWT, serta semoga Kodim 0824 beserta anggotanya senantiasa diberikan kekuatan dan kesuksesan dalam mengemban tugas negara bersama masyarakat di Kabupaten Jember ini. (sis24)/03.
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar