Dua Wanita Positif Kanker Serviks

Redaksi: Senin, 12 Juni 2017 | 22.19.00



LHOKSEUMAWE| HARIAN9
Semua wanita dari berbagai usia kerap beresiko menderita kanker leher rahim (serviks) Dihitung dari 2014 hingga juni 2017, di Kota Lhokseumawe ditemukan dua wanita positif terjangkit penyakit mematikan tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan (P2P) Helizar, kepada harian9 mengatakan penyebab terjadinya penyakit tersebut karena virus papiloma, dan penderitanya perempuan. Sedangkan laki-laki bisa sebagi pembawa virus tersebut.

“Kehidupan seks bebas dapat menyebabkan terjangkitnya virus tersebut, Selain itu bisa juga disebabkan karena air keruh dan kotor di toilet, selain itu keputihan pada wanita juga salah satu faktor utamanya," katanya, Minggu (11/6/2017) malam.

Ditambahkannya, sebenarnya penderita virus papiloma tersebut sangat banyak. Namun hingga saat ini belum habis terdeteksi. Karena sejauh ini masyarakat masih malu dan belum berani untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyakit berbahaya tersebut.

“Untuk yang dua orang positif kanker serviks tersebut masih tahap stadium awal. Mereka sejauh ini rutin melakukan pengobatan dan mereka juga sudah dilkukan kemotrapi saat pengobatan,” ungkap Helizar.

Dihimbaunya, kepada masyarakat, bagi wanita yang sudah menikah untuk mencegah terjangkitnya penyakit tersebut segeralah deteksi dini ke puskesmas terdekat. Jangan pernah meras malu, karena mencegah dari awal itu lebih baik. (ary9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar