Anak Harus Dilindungi Dari Segala Bentuk Kekerasan dan Diskriminasi

Redaksi: Jumat, 28 Juli 2017 | 03.22.00

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH berfoto bersama degan anak-anak juara berbagai perlombaan yang digelar pada peringatan HAN Kabupaten Paluta tahun 2017 di aula Serbaguna Kantor Bupati Paluta, Kamis (27/7). (Foto: Riswandy)



PALUTA| HARIAN9
Anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki makna bahwa dalam diri anak melekat harkat, martabat dan hak-hak manusia seutuhnya. 

Untuk itu anak harus diberi perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan sehingga dalam perkembangan anak dapat berprestasi secara optimal, berkualitas, berahlak mulia dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs. H Bachrum Harahap melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Paluta Burhan Harahap pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kabupaten Paluta tahun 2017 yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Kabupaten Paluta di aula Serbaguna, Kantor Bupati Paluta, Kamis (27/7).

Peringatan HAN tahun 2017 yang mengangkat tema “ membangun masa depan anak yang cerdas, kreatif dan mandiri” dibuka oleh Bupati Paluta Drs. H Bachrum Harahap diwakili Sekda Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH, dihadiri Ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar, SKPD se-Paluta, Camat se Paluta, TP PKK Paluta, Persit KCK, kapolsek Padang Bolak, sejumlah organisasi kewanitaan, forum anak Paluta, ratusan anak yan‎g mengikuti lomba serta undangan lainnya.

Lebih lanjut Bupati mengajak semua pihak baik dari instansi pemerintahan, pimpinan daerah, pemangku jabatan, guru, orangtua dan seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Paluta untuk dapat memahami substansi dan urusan yang akan dilaksanakan dalam rangka memenuhi hak setiap anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dan memiliki masa depan yang baik sesuai dengan tema HAN Kabupaten Paluta tahun 2017 yakni membangun masa depan anak yang cerdas, kreatif dan mandiri.

“‎Anak adalah harta yang paling berharga, berikan haknya, bimbing dan sayangi dia untuk membangun masa depannya yang lebih cerdas, kreatif dan mandiri dan yang utama adalah lindungi anak kita dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,“ ujarnya.

Dinyatakannya, peringatan HAN Kabupaten Paluta tahun 2017 ini dimaksudkan untuk menggugah dan membangkitkan segenap komponen bangsa yakni pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orangtua akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak, termasuk pemenuhan pelayanan pendidikan, kesehatan, jaminan sosial serta perlindungan lainnya.

“Selamat Hari Anak Nasional tahun 2017 untuk semua kalangan dan berharap semua anak khususnya di daerah Kabupaten Paluta dan semoga anak-anak kita semua jadi anak yang berbakti bagi orangtua dan berguna bagi bangsa kita ini,“ katanya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Paluta Hakimuddin Siregar dalam laporannya menyampaikan, peringatan HAN Kabupaten Paluta tahun 2017 ini bertujuan untuk menggugah perasaan dan ingatan semua pihak agar memberikan hak anak tanpa harus melukai hati si anak.

Sebelum perayaan puncak HAN tingkat Kabupaten Paluta, pihaknya sebagai panitia juga mengisi kegiatan dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba puisi untuk tingkat SMP, paduan suara untuk tingkat SD, lomba bercerita untuk tingkat TK dan PAUD, lomba fashion show untuk tingkat SMA eserta sejumlah lomba lainnya yang semuanya bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan bakat dari anak-anak Kabupaten Paluta.

“Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Paluta tahun 2017 juga kita isi dengan berbagai perlombaan yang tujuannya untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan kreatifitas anak-anak kita sekalian,“ jelasnya.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar  
    







Komentar