Ancaman Harus Ditangani Bersama

Redaksi: Kamis, 27 Juli 2017 | 13.53.00

Rakor yang secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan Dr. Sutrimo pada Selasa (25/) di kantor Kemhan, Jakarta, akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 25-26 Juli 2017. (Foto: kemhan)

JAKARTA| HARIAN9 
Ancaman non-militer adalah ancaman yang dihadapi sehari-hari oleh bangsa-bangsa di dunia saat ini, seperti ancaman yang dapat merusak nilai-nilai luhur bangsa yaitu radikalisme, terorisme, narkoba, perubahan iklim, bencana alam, sumber daya alam dan lain sebagainya. 

Hal ini menjadi trend dunia bahwa ancaman non-militer adalah ancaman yang harus ditangani oleh seluruh unsur pemerintah termasuk Perguruan Tinggi diluar Kementerian Pertahanan.

Untuk itulah Rapat Koordinasi (Rakor)  dan Pembekalan kepada Ketua Kopertis dan Rektor Seluruh Indonesia Dalam Rangka Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2017 dilaksanakan untuk membangun nilai-nilai Bela Negara. 

Rakor yang secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan Dr. Sutrimo pada Selasa (25/07) di kantor Kemhan, Jakarta, akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 25-26 Juli 2017.

Melalui rakor yang dilaksanakan Kemhan bekerjasama dengan Kemenristek Dikti ini diharapkan dapat semakin memperdalam kajian pertahanan dan bela Negara di perguruan tinggi khususnya mahasiswa baru sehingga menghasilkan kader intelektual bela Negara.

Oleh karenanya Rakor Bela Negara ini dilaksanakan dnegan tujuan untuk meminta saran dan masukan kepada peserta dan pemangku kepentingan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut, terkait dengan program Pembinaan Kesadaran Bela Negara khususnya dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru.

Hadir sebagi pembicara diantaranya Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad, dengan materi tentang Sistem Pendidikan Dan Pelayanan Akademik, Dirjen Pothan Kemhan dengan materi Penyelenggaraan PKBN di Kampus, Dir. Binmas Baharkam Mabes Polri mengantarkan materi Keterlibatan Polri dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus.

Sesi terakhir di hari pertama diisi paparan dari Aster Panglima TNI dengan materi Keterlibatan TNI dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus dan Dirjen Polpum Kemendagri menyampaikan Keterlibatan Pemda dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus. (kemhan/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar