Enam Tersangka Pemakai Sabu Diamankan, 2 Diantaranya Oknum ASN

Redaksi: Sabtu, 29 Juli 2017 | 12.30.00

Enam tesangka pengguna narkoba saat dimanakan di Mapolres Padangsidimpuan, Kamis (27/7). (Foto: Riswandy)
          

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Enam tersangka masing-masing empat warga sipil dan dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Padangsidimpuan di ciduk petugas dari Satuan Narkoba Polres Padangsidimpuan saat sedang pesta narkoba jenis sabu di salah satu rumah di Jalan Sudirman, Kelurahan Losung Batu, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Kamis (27/7) sekira pukul 02.30 WIB.

Ke enam tersangka yang diciduk tersebut masing-masing, TGP (34) oknum pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padangsidimpuan yang merupakan warga Jalan Sutan Panindoan Kelurahan Wek I, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, ERRH (38) pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan, warga Jalan Sudirman, KM 4, Kelurahan Losung Batu, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan,

Kemudian MH alias N (33) warga Desa Situmba Godang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, MRN (45) warga Jalan Sutan Panindoan No 24, Kelurahan Wek I, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, KSH (31) warga Jalan Sudirman KM 4, Kelurahan Losung Batu, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan dan MSR (22) warga Jalan S Parman No.18, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.

Dari ke enam tersangka yang dibekuk petugas tersebut diamankan barang bukti satu bungkus plastik transparan berisi shabu seberat 0,44 gram, satu buah bong (alat hisap shabu), satu buah mancis dan satu topi berwarna merah milik MH alias N yang digunakan tempat penyimpanan sabu.

Informasi yang dihimpun, Sabtu (29/7), penangkapan tersangka pengguna narkoba jenis sabu tersebut berawal dari laporan masyarakat, bahwa di salah atu rumah di Jalan Sudirman, Kelurahan Losung Batu, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan,  sering dijadikan aktivitas kumpul-kumpul namun tidak diketahui apa kegiatannya.

Mendapat informasi tersebut, jajaran Polres Padangsidimpuan langsung melakukan penyelidikan dan hasilnya diketahui bahwa aktivitas di rumah tersebut sering dijadikan arena perjudian dan pesta narkoba.

Setelah perencanaan matang untuk membekuk para tersangka Kapolres Padangsidimpuan AKBP Andy Nurwandy langsung memerintahkan kasat narkoba AKP. CJ Panjaitan untuk terjun ke TKP sekaligus mengamankan para tersangka yang berjumlah enam orang dengan barang bukti narkoba.

Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Andy Nurwandy yang dikonfirmasi melalui Kasat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan AKP CJ Panjaitan membenarkan penangkapan enam tersangka pengguna narkoba jenis sabu tersebut.

“Ke enam orang tersangka ini kita bekuk bedasarkan laporan dari warga bahwa di salah satu rumah di Jalan Sudirman, Kelurahan Losung Batu, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan sering disalah gunakan sebagai tempat jual beli dan memakai narkoba,“ kata Kasat.

Menurutnya, sebelumnya kita telah mencurigai tersangka MH alias N, setelah melakukan penyidikan, petugas melihat tersangka sedang duduk-duduk di depan rumah ERRH. 

Saat melihat kedatangan petugas ke rumah di TKP tersebut, yang mana rumah itu adalah tempat tinggal tersangka ERRH yang merupakan PNS di RSUD Kota Pasangsidimpuan, MH alias N sempat mencoba melarikan diri. Akan tetapi, petugas langsung dapat mengejar dan menangkapnya.

Kemudian petugas melakukan penggeledahan dan menemukan narkotika jenis sabu tersebut terselip di dalam topi berwarna merah yang dikenakan MH alias N, Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan ke dalam rumah ERRH dan berhasil menemukan bong yang masih berisi sabu di dalam kamar ERRH.

Pada saat penggeledahan ke dalam kamar ERRH tersebutlah petugas memergoki ERRH dan ke empat tersangka lainnya diamankan oleh petugas Sat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan karna diduga baru habis memakai sabu.

Selanjutnya, ke enam tersangka itu di amankan ke Mapolres Kota Padangsidimpuan dan dilakukan test urine. 

“Dari hasil test urine yang kita lakukan terhadap enam orang tersangka tersebut, semuanya menandakan positif," jelasnya.

Untuk bahan pengembangan katanya, ke enam ke enam tersangka langsung di periksa di ruangan Sat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan. 

“Kita akan terus lakukan pengembangan terkait kasus ini. Untuk sementara, terhadap ke enam tersangka kita masih kenakan pasal 112 dan 114 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara," paparnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar