GEMALA bersama PS. WALET PUTI Labuhanbatu Gelar Pengobatan Tradisional

Redaksi: Minggu, 30 Juli 2017 | 18.25.00

Pasien laki-laki dan pasien perempuan sedang dilakukan Totok Darah. (Foto: Thamrin Nasution)

LABUHANBILIK| HARIAN9
Gerakan Masyarakat Labuhanbatu (Gemala) salah satu Komunitas Sosial di bawah asuhan Amin Wahyudi Harahap, SE menggelar pengobatan Tradisional "Totok Darah PS. Walet Puti" Kabupaten Labuhanbatu, di Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah di rumah H. Nasrian Yunus SH, Minggu (30/07/17).

Komunitas GEMALA yang dikomandoi Amin Wahyudi Harahap, SE juga sebagai Pimpinan Umum (PU) "rantau news online" mengatakan kegiatan perobatan ini merupakan kerja sama antara Gemala dengan PS.Walet Puti .

"Kegiatan ini adalah salah satu program Gemala dan kami tidak meminta kompensasi apapun dari pasien atau masyarakat dan ini kami lakukan secara gratis," jelasnya.

Ditambahkannya, Komunitas yang di Pimpinnya sudah banyak melakukan kegiatan sosial, namun bukan berarti kami bangga karena melakukan ini.

"Kami menyadari bahwa dengan kegiatan sosial ini sedikit banyaknya komunitas Gemala dapat berhasil guna bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan," katanya.

Saat disinggung dari mana biaya operasionalnya yang diperhitungkan bukan kecil sampai ke Kecamatan, Amin dengan nada rendah menjelaskan.

"Seluruhnya dana operasional ini dari seluruh Anggota yang dikumpulkan sesuai dengan kemampuan masing-masing," jelasnya.

Sementara Ketua PS. Walet Puti, Drs. Taufik, MPd. mengatakan bahwa Totok Darah ini, sudah lama kita lakukan untuk Kabupaten Labuhanbatu sendiri sudah mencapai 47 tahun dan kita sudah banyak mengobati masyarakat dengan hasil yang memuaskan.

"Untuk pengobatan Totok Darah di Labuhanbilik ini, kita melihat masyarakat sangat antusias, hal ini ditandai pasien yang berobat baik laki-laki maupun perempuan," ujarnya.

Salah seorang pasien bernama Ucok Maspar warga Kelurahan Labuhanbilik, atas nama Masyarakat Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas GEMALA dan PS.Walet Puti yang telah melakukan pengobatan gratis ini. 

"Semoga Pengurus  Gemala dan jajarannya akan tetap eksis kedepannya yang selalu memberikan bantuan sosial kepada Masyarakat Labuhanbatu ini," kata Ucok.

H Nasrian Yunus SH selaku tuan rumah pelaksanaan pengobatan ini menyatakan bahwa : Pengobatan yang digelar oleh Komunitas Gemala di bawah Asuhan Amin Wahyudi Harahap, merupakan satu penghormatan tersendiri buat Masyarakat Labuhanbilik.

"Saat ini pengobatan ini sangat diperlukan, walaupun memang diakui Pemerintah sudah mengeluarkan BPJS, Kartu Sehat dan lainnya, akan tetapi masyarakat masih membutuhkan pengobatan tradisional sebagaimana yang kita lakukan saat ini," ungkapnya.

"Sebagai tuan rumah pelaksanaan acara ini sebelumnya kami mohon maaf terkhusus dari Gemala dan PS.walet Puti dan juga para pasien yang berobat kami mohon maaf diatas kekurangan pelayanan kami dan semoga kita senantiasa didalam lindungan Allah SWT, tutupnya. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar