Gubsu H Tengku Erry Nuradi Hadiri Pelantikan DPC APDESI Kabupaten Paluta

Redaksi: Senin, 31 Juli 2017 | 03.39.00

Ketua DPC APDESI Kabupaten Paluta yang baru dilantik H Purba Hasibuan 
memberikan  cindera mata kepada Gubsu Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M,Si 
usai  pelatikan pengurus DPC APDESI Paluta masa bakti 2017-2022 di
auditorium IAIN Padangsidimpuan, Sabtu (29/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M,Si hadiri pelatikan pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) masa bakti 2017-2022 di auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Jalan Imam Bonjol Padangsidimpuan, Sabtu (29/7).

Selain Gubsu, pelantikan pengurus DPC APDESI Paluta ini juga dihadiri Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu, Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi daerah (PPRD) Sumut DR. H. Sarmada Hasibuan, SH, MM, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumut Ir. H. Aspan Sofian, MM, sejumlah pimpinan SKPD, para Camat, Lurah, se-Kabupaten Paluta.

Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M,Si dalam arahan singkatnya mengatakan, untuk diketahui bahwa APDESI adalah satu-satunya wadah bagi Pemerintahan Desa yang di bentuk pada tahun 2005.

Sesuai instruksi Menteri dalam Negeri, pada tahun 2005 dibentuk Asosiasi Pemerintah Provinsi yang beranggotakan para Gubernur, di Kabupaten dibentuk Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (AKASI) yang beraggotakan para Bupati, Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang beraggotakan para Walikota dan di desa dibentuk APDESI.

“Diucapkan selamat menemban tugas kepada pengurus APDESI Kabupaten Paluta yang baru dilantik. Desa adalah miniatur Negara, apabila desa maju maka negara juga akan maju,“ kata Gubsu

Sementara, Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap mengatakan, APDESI merupakan mitra pemerintah dalam mempercepat pembangunan yang ada di desa serta wadah konsolidasi dan pemersatu antar sesama kepala desa, sehingga dapat menciptakan komunikasi yang baik.

Bupati berharap, pengurus APDESI yang baru dapat memimpin organisasi ini dengan baik dan akhlakul karimah . Oleh sebab itu, dibutuhkan kinerja yang maksimal dari masing-masing Pemerintah desa demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Lebih lanjut bachrum mengatakan, dengan adanya organisasi ini diharapkan dapat sama-sama berjuang mensejahterakan masyarakat di Desanya masingmasing dan dapat memperjuangkan kesejahteraan perangkat desanya, supaya mereka bisa terpacu kinerjanya, sehingga  fungsi organisasi ini untuk mengawal undang-undang Desa dapat terwujud dan diharapkan juga dapat mendorong berjalannya Permendes.

“Teruslah memperjuangkan aspirasi masyarakat yang berada di tingkat desa karena Pemerintah desa merupakan ujung tombak untuk kemajuan daerah sebab dengan akhlak dan suri tauladan yang baik maka desa akan sejahtera dan negara akan kuat,“ ujar Bupati Paluta

Ketua DPC APDESI Kabupaten Paluta yang baru dilantik H Purba Hasibuan menyatakan mesiapannya mengemban amanah untuk memimpin di APDESI Paluta. 

“Kami mohon dukungan dari pemerintah, sehingga organisasi ini dapat berjalan dengan baik,“ kata Purba Hasibuan.

Adapun pengurus DPC APDESI Kabupaten Paluta yang di lantik itu yakni H Purba Hasibuan sebagai ketua, Kado Harahap sebagai Sekretaris dan H Anwar Hasibuan sebagai Bendahara. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


                                                                                              


Komentar