Kapolres Tapsel Gelar Forum Group Discussion Dengan Kalangan Dunia Usaha

Redaksi: Minggu, 30 Juli 2017 | 17.31.00

Kapolres Tapsel AKBP. M. Iqbal SIk, sedang memberikan paparan kepada perwakilan dunia saha pada acara FGD di aula lapangan futsal Mapolres Tapsel, Jumat (28/7).  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Satuan Bimbingan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama perwakilan perusahaan yang menjalankan investasi usahanya di wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Palas dan Paluta. di lapangan futsal Mapolres Tapsel, Jumat (28/7).

FGD yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan Pam Swakarsa agar muncul daya cegah dan tangkal terhadap segala bentuk gangguan keamanan di lingkungan kerja di masing-masing perusahaan, berlangsung penuh keakraban, dipimpin Kapolres Tapsel AKBP M. Iqbal Harahap, S.Ik dan dihadiri puluhan perwakilan perusahaan yang bergerak diberbagai bidang seperti perkebunan, perkayuan, pertambangan, industri, dll.

Pada kegiatan itu juga dirangkai dengan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) Pengamanan Objek Vital (Pam Ovit) di wilayah hukum Polres Tapsel antara Polres Tapsel dengan dunia usaha.

Kapolres Tapsel AKBP. M. Iqbal SIk, mengatakan diskusi ini dilaksanakan berlatar belakang akibat masih kurangnya pengantisipasian para pengusaha dalam mengantisipasi dan juga menghadapi bencana seperti kabakaran hutan dan lahan serta upaya revitalisasi pengendalian dan pengawasan krisis, mengingat di wilayah hukum Polres Tapsel adalah rawan kebakaran

Dalam paparannya, Kapolres mengajak seluruh stake holder perusahaan pengguna jasa pengamanan dengan Polres Tapsel agar saling share informasi di setiap kejadian yang terjadi di masing-masing perusahaan.

Kapolres menekankan agar setiap perusahaan menyediakan berbagai alat untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran di lokasi perusahaan atau perkebunan dengan menyediakan depot air seperti penggalian sumur, penampungan air, membuat irigasi bila memungkinkan serta kesiapan para karyawan termasuk sekuriti yang ada diperusahaan itu.

Terkait dengan tenaga securiti yang ada di masing-masing perusahaan, Kapolres mengimbau agar setiap perusahaan yang ada di wilayah hukum Polrs Tapsel tetap menjalin koordinasi dengan Polres Tapsel.

Disamping itu para security juga dapat mermahami tugas-tugas nya dengan baik tanpa menyalahi aturan terutama dalam menjaga keamanan di tempat tugas masing-masing, sehingga perusahaan juga terlindungi.

“Sebagai perpanjangan tangan kepolisian, securiti atau Satpam yang ada di masing-masing perusahaan tetap menjalankan tugas dengan baik dan berkoordinasi dengan kepolisian, sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat maupuin perusahaan tetap terjaga,“ himbaunya.

Selain itu, Satpam/Sekuriti di setiap perusahaan juga meminta agar dibekali ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan tugas dan fungsinya.

“Polres Tapsel siap membina, melatih, menambah ilmu kepada sekuriti di Perusahaan anda mengingat Satpam yang ada tetap di bawah naungan Polri,” katanya.

Usai acara, Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Amir Faizal,SE mengatakan kegiatan ini, selain sebagai ajang silaturrahum, juga merupakan forum untuk diskusi, sehingga melalui kegiatan inilah akan dapat diketahui gambaran seperti apa kondisi keamanan yang dihadapi para kalangan dunia usaha.

“Melalui diskusi grup ini diharapkan mampu mengantisipasi dan mengatasi masalah yang timbul dan dihadapi para investor, sehingga kalangan dunia usaha dapat lebih nyaman dalam berinvestasi di tiga daerah ini,“ ujar Amir Faisal. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar