Kemenkeu Akan Selenggarakan 2nd AIFC

Redaksi: Sabtu, 29 Juli 2017 | 00.24.00



JAKARTA| HARIAN9 
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyelenggarakan the 2nd Annual Islamic Finance Conference (AIFC): The Role of Islamic Finance in Eradicating Poverty and Income Inequality di Yogyakarta pada tanggal 23-24 Agustus 2017 mendatang, diumumkan pada Jumat di Jakarta (28/07/17).

Acara ini akan mengundang berbagai pihak meliputi regulator dan pembuat kebijakan, institusi keuangan, lembaga multilateral, dan juga akademisi. 

Dengan memfasilitasi dialog tingkat tinggi antar peserta, acara ini dimaksudkan untuk memperkuat peran dari keuangan syariah dalam menanggulangi kemiskinan dan memangkas kesenjangan pendapatan guna mendukung implementasi sustainable development goals.

Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mendorong pemanfaatan dana-dana sosial keagamaan seperti zakat dan wakaf sebagai penunjang anggaran pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Dalam penyelenggaraan 2nd AIFC tahun ini juga akan digelar the Young Islamic Economist Forum (YIEF). YIEF merupakan sebuah forum yang didedikasikan untuk para ekonom muda meningkatkan kontribusinya dalam mengaplikasikan teori, model dan instrumen ekonomi dan keuangan syariah dalam menjawab permasalahan ekonomi dan sosial untuk mendukung pembangunan.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Kemenkeu dengan Islamic Research and Training Institute-Islamic Development Bank Group (IRTI-IDBG), Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), serta didukung oleh Bank Dunia dan Universitas Gadjah Mada. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar