Pelayanan Samsat Harus Terus Ditingkatkan

Redaksi: Senin, 10 Juli 2017 | 00.50.00

Kaban P2RD Sumut, DR. H.Sarmadan Hasibuan, SH, MM, foto bersama dengan Kepala UPT P2RD Tapsel, H.Syaiful Bahri, S.Sos, MSP dan Kasat Lantas Polres Tapsel AKP. Anggun Putra, S.Ik, saat berkunjung ke Kantor P2RD Sumut UPT Samsat Kabupaten Tapsel di Jalan Willem Iskandar Padangsidimpuan, Jum,at (7/7). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Kepala Badan (Kaban) Pengelolalan Pajak dan Retribusi Daerah (P2RD) Propinsi Sumatera Utara (Sumut) DR. H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM, menyatakan, pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) harus terus ditingkatkan. Untuk mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat, salah satu kuncinya adalah disiplin dari para pegawai Samsat.

Hal itu disampaikan DR. H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM di sela-sela kunjungan sekaligus melihat langsung sistim pelayanan di Kantor P2DR Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Kantor Samsat UPT Kabupaten Tapsel di Jalan Willem Iskandar Padangsidimpuan, Jum,at (7/7).

Didampingi Kepala UPT P2RD Tapsel, H. Syaiful Bahri, S.Sos, MSP dan Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Tapsel AKP. Anggun Putra, S.Ik, Sarmadan menambahkan, untuk mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat, salah satu kuncinya adalah disiplin dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) pegawai Samsat dan meminta kepada ASN yang melakukan tugas pelayanan supaya bekerja secara profesional dan disiplin dengan waktu, 

“Akan kita berikan teguran berupa sanksi tegas kepada petugas pelayanan yang tidak becus dan disiplin dalam melaksanakan tugas di Samsat UPT dan saya sangat mengharapkan kedisplinan para ASN dalam melayani. Disiplinkan diri kita dulu, baru kita mengajak masyarakat banyak untuk displin,“ katanya.

Menurutnya, Kantor Samsat sebagai salah satu komitmen mewujudkan pelayanan publik melalui peningkatan teknologi informasi dalam pembayaran pajak bermotor dan di lembaga tersebut ada tiga istansi yang bernaung yaitu, Kepolisian, Jasa Raharja dan Pemda, dengan tujuan yang sama yaitu peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kedepannya harus lebih baik lagi untuk menjaga amanah rakyat supaya tidak terjadi keterlambatan serta kecurangan, dan kepada seluruh pegawwai Samsat untuk menjaga kekompakan dalam berkerja,“ pesannya.

Dari penilainannya, Sarmadan menambahkan, pelayanan kepada masyarakat di Samsat UPT BP2RD Tapsel sudah bagus, khususnya bagi masyarakat yang berurusan pembayaran Pajak Kenderaan Bermotor (PKB). Hal itu dilihat dari pelayanan yang yang saat itu berjalan dan masyarakat terlayani dengan baik.

Sementara Kepala UPT P2RD Tapsel, H. Syaiful Bahri, S.Sos, MSP mengatakan, berkat pelayanan yang cukup baik diberikan kepada wajib PKB, target PKB yang dibebankan kepada UPT P2RD Tapsel untuk TA 2017 sebesar Rp.19 milyar lebih, hingga Tri Wulan III telah terealisasi 50 persen. Demikian juga pembuatan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang ditargetkan sebesar Rp.17,696 Milyar, juga telah terealisasi sebesar 59,5 persen.

“Intinya tingkat kesadaran masyarakat Tapsel dalam membayar PKB cukup tinggi, disamping berbagai uapaya yang dilakukan petuhas untuk meraih pendapatan dari sector PKB yakni upaya dor to dor dan jemput bola serta mengefektifkan pelayanan Samsat keliling, pelayanan grey dan melakukan sensus dari rumah ke rumah,“ kata Syaiful.

Terkait dengan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar PKB, Syaiful menyatakan, untuk tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar PKB tergantung kepada tingkat ekonomi masyarakat.

Di samping itu juga ada berbagai kendala yang dihadapi seperti, kurangnya sosialisasi ke masyarakat mengingat masih ada wilayah yang terpencil dan kurangnya kepedulian masyarakat serta jaringan yang sering terganggu.

“Ini mejadi tugas dan tantangan bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik, bahkan kami juga telah meluncurkan berbagai program berupa pemberikan keringanan denda pajak bagi penunggak PKB serta rencana pendirian geray untuk wilayah Kecamatan Sayur Matinggi Tapsel, dengan harapan selain untuk meningatan pelayanan juga peningkatan pendapatan dari sektor PKB,“ tuturnya.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar