Pemkab Paluta Gelar Bimtek Penyusunan Anggaran Dan Pertanggung Jawaban Keuangan Desa

Redaksi: Senin, 10 Juli 2017 | 21.22.00

Para peserta sedang mengikuti Bimtek penyusunan anggaran dan pertanggung jawaban keuangan desa melalui siskeudes berbasis aplikasi, di aula serba guna Lobu Bara, Simpang Purba, Kecamatan Padang Bolak, Senin (10/7). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan perangkat desa dalam hal pengelolaan dan penatausahaan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Paluta menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan anggaran dan pertanggung jawaban keuangan desa melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis aplikasi, di aula serba guna Lobu Bara, Simpang Purba, Kecamatan Padang Bolak, Senin (10/7).

Kegiatan yang diikuti para perangkat desa yang terdiri dari Sekretaris Desa atau Bendahara Desa dari 2 Kecamatan yakni Kecamatan Portibi dan Dolok Sigompulon dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap SH dengan menghadirkan narasumber dari BPKP perwakilan Sumut yakni Binez Simanjuntak.

Dalam sambutan Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH menyampaikan, bimtek penyusunan anggaran dan pertanggung jawaban keuangan desa ini bertujuan agar seluruh peserta yang terdiri dari sekdes dan bendahara desa lebih memahami tata cara untuk menyusun serta membuat pertanggung jawaban pelaksanaan dana desa.

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan juga merupakan kegiatan yang bermakna strategis dan sangat penting untuk dilaksanakan dan di pahami dan pelatihan ini juga dimaksudkan agar pengelolaan dana desa yang bertujuan mulia untuk pembangunan desa dan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terselenggara dengan baik sesuai harapan bersama.

Diharapkannya, kegiatan bimtek ini berdampak besar bagi pengelolaan keuangan di tingkat desa mulai dari penyusunan anggaran dan pertanggung jawaban keuangan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan hingga pelaporan sehingga pengelolaan dan penyerapan dana desa akan terarah sesuai kebutuhan masyarakat dalam membangun pedesaan di seluruh wilayah Paluta.

“Semoga dengan bimtek penyusunan anggaran serta pertanggung jawaban keuangan desa dengan siskeudes ini dapat member dampak yang positif bagi penyaluran dan pelaksanaan dana desa yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan PMD Kabupaten Paluta Hamdan Sukri Siregar SSos MM yang bertindak sebagai ketua panitia pelaksana mengatakan, bimtek penyusunan anggaran dan pertanggung jawaban keuangan desa melalui Siskeudes berbasis aplikasi ini bertujuan untuk transparansi dan akuntabilitas keuangan desa yang akan dikelola oleh pemerintah desa dan nantinya, pengelolaan keuangan desa dimulai dari perencanaan, peƱatausahaan hingga pertanggung jawaban keuangan desa.

Ia melanjutkan, bimbingan teknis ini akan terus berlanjut kepada seluruh desa di wilayah Paluta yang dijadwalkan akan selesai hingga tanggal 22 Juli mendatang. Karena itu, bimbingan teknis ini dilaksanakan secara bergelombang yang nantinya akan diikuti oleh seluruh sekdes atau bendahara desa di Kabupaten Paluta.

“Diharapkan, setelah pelaksanaan Bimtek ini nantinya seluruh peserta dapat melakukan penyusunan anggaran dan pertanggungjawaban mulai dari perencanaan dan penatausahaan keuangan desa dengan menerapkan Siskeudes berbasis aplikasi di desa masing-masing agar pengelolaan dan penyaluran dana desa dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran,“ pintanya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                                


Komentar