Peringati Hari Anak, Pemko Padangsidimpuan Gelar Sejumlah Perlombaan

Redaksi: Minggu, 30 Juli 2017 | 17.45.00

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Sekdakota Padangsidimpuan Drs. Zulpeddi Simamora, MM, Waka Polres Kompol JW Sijabat, SH, Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Ade Aan Rostiany Andar Amin foto bersama pada peringatan HAN tahun 2017, di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Jumat (28/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017, Pemeintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan menggelar berbagai perlombaan yang dilaksanakan di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Jumat (28/7).

Puncak acara dihadiri Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Sekdakota Padangsidimpuan Drs. Zulpeddi Simamora, MM, Kapolres Padangsidimpuan diwakili Waka Polres Kompol JW Sijabat, SH, Ketua MUI Kota Padangsidimpuan H.  Zulfan Efendi, Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Ade Aan Rostiany Andar Amin beserta jajaran pengurus, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Kota Padangsidimpuan Hj. Rosalina Hasibuan, Pdi, MM, serta para undangan lainya.

Dalam sambutannya, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, mengatakan, anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki makna bahwa dalam diri anak melekat harkat, martabat dan hak-hak manusia seutuhnya. 

Untuk itu anak harus diberi perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan sehingga dalam perkembangan anak dapat berprestasi secara optimal, berkualitas, berahlak mulia dan sejahtera.

Oleh sebab itu sesuai tema HAN “Perlindungan Anak dimulai dari Keluarga“ dan pesan utama “Saya Anak Indonesia, Saya Gembira“.

Diajaknya, semua pihak baik dari instansi pemerintahan, pimpinan daerah, pemangku jabatan, guru, orangtua dan seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kota Padangsidimpuan untuk dapat memahami substansi dan urusan yang akan dilaksanakan dalam rangka memenuhi hak setiap anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dan memiliki masa depan yang lebih baik.

“Anak adalah harta yang paling berharga, berikan haknya, bimbing dan sayangi dia untuk membangun masa depannya yang lebih cerdas, kreatif dan mandiri dan yang utama adalah lindungi anak kita dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,“ ujarnya.

Dinyatakannya, peringatan HAN tahun 2017 ini dimaksudkan untuk menggugah dan membangkitkan segenap komponen bangsa yakni pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orangtua akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak, termasuk pemenuhan pelayanan pendidikan, kesehatan, jaminan sosial serta perlindungan lainnya.

“Selamat Hari Anak Nasional tahun 2017 untuk semua kalangan dan berharap semua anak khususnya di Kota Padangsidimpuan dan semoga anak-anak kita semua jadi anak yang berbakti bagi orangtua dan berguna bagi bangsa kita ini,“ katanya.

Sebelumnya, Kadis PP-PA Kota Padangsidimpuan Hj. Rosalina Hasibuan, Pdi, MM dalam laporannya menyampaikan, peringatan HAN Kota Padangsidimpuan tahun 2017 ini bertujuan untuk menggugah perasaan dan ingatan semua pihak agar memberikan hak anak tanpa harus melukai hati si anak.

Sebelum perayaan HAN juga diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya fashion show tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kota Padangsidimpuan, lomba mewarnai tingkat TK se Kota Padangsidimpuan dan lomba cipta puisi tingkat SD se Kota Padangsidimpuan.

Adapun jura dari perlombaan tersebut yakni, perlombaan fashion show tingkat PAUD, Juara I Amiza dari TK Haholongan, Juara II Mifra Aliyah (PAUD Ceria) dan Juara III Alika Salsahabila (TK Kemala Bhayangkari)

Perlombaan mewarnai tingkat TK, Juara I Avinta Simamora (TK Sari Putra), Juara II Nazla Nafifa (TK RA. Dina), Juara III Meisa Mutiara (TK Kemala Bhyangkari). Perlombaan Cipta Puisi, Juara I peserta No. 003, Juara II Peserta No. 035, Juara III Peserta No. 008. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar