Puluhan hektar Ladang Sawit Masyarakat Desa Telaga Suka Panai Tengah, Terbakar

Redaksi: Minggu, 30 Juli 2017 | 22.38.00

Lahan masyarakat Desa Telaga Suka Panai Tengah yang terbakar.  (Foto: Thamrin Nasution)

LABUHANBILIK| HARIAN9 
Diperkirakan ada puluhan hektar kebun kelapa sawit masyarakat di kawasan Desa Telaga Suka, Pasar Tiga  Kecamatan Panai Tengah  Kabupaten Labuhanbatu terbakar.

Menurut Dan-Ramil  04/ Labuhanbilik Kapten inf. Mahmud Tambunan, yang dihubungi melalui telephon seluler menyatakan kebakaran lahan itu benar dan saat ini saya bersama Anggota di lokasi kebakaran.

"Kebakaran ini terjadi sejak hari Kamis sore (27/07/17) sampai hari ini Minggu api masih terus marak dan kita upayakan dengan menyemprotkan air melalui mesin pompa air, namun api belum juga terpadamkan secara aman karena yang terbakar adalah lahan gambut," katanya.

Saat ditanyakan dari mana asal api, Dan Ramil Mahmud Tambunan yang sudah tiga hari bergulat dengan api ini, belum bisa memberikan penjelasan karena masih diselidiki, nanti kami kabarkan setelah berhasil kita selidiki.

Salah seorang pemilik lahan yang ikut terbakar ini Ari mengatakan bahwa kebakaran itu secara tiba-tiba saja. 

"Kemungkinan karena hujan sudah lama tidak turun sementara lahan kami adalah tanah daun, diperkirakan ini penyebabnya," tuturnya.

Diharapkannya, bantuan dari Pemkab Labuhanbatu, berupa pompa air untuk dapat memadamkan api yang membakar lahan mereka. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar