Tak Terima Ditilang, Pengendara Bakar Sepeda Motor Miliknya Didepan Polisi

Redaksi: Jumat, 28 Juli 2017 | 14.16.00

Sepeda motor milik Asman Pane (56) yang terbakar Gozali Pane saat razia lalu lintas, diamankan di Mapolres Padangsidimpuan. Kamis (27/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Tak terima ditiang, seorang pengendara sepeda motor (septor) Gozali Pane (23) warga Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) nekad membakar kenderaannya di hadapan polisi, di Jalan Sudirman sendiri Padangsidimpuan, Kamis (27/7).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pembakaran sepeda motor tersebut, saat polisi dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Padangsidimpuan sedang melaksanakan kegiatan rutin dalam rangka pengamanan Lalu Lantas di seputaran Jalan Sudirman Padangsidimpuan tepatnya di depan TK Kartika Padangsidimpuan.

Saat personil Sat Lantas yang berjumlah enam orang sedang memeriksa surat-surat kenderaan yang terjaring, tiba-tiba Gozali Pane yang melintas dengan mengendarai septor jenis Honda Revo tanpa menggunakan helm, langsung di stop oleh petugas guna memeriksa surat-surat kenderaan.

Saat dilakukan pemeriksaan surat-surat kenderaan, ternyata Gozali Pane tidak membawa surat surat kenderaan. Akhirnya demi menjalankan proses hukum, petugas Lantas membuat surat tilang. Namun Gozali tidak bersedia menandatangani surat tilang yang disodorkan petugas.

Ketika petugas ingin mengamankan septor milik Gozali, terjadilah adu mulut antara pemilik septor Gozali Pane dan petugas, hingga akhirnya Gozali Pane merasa kesal dan langsung mendorong septor miliknya hingga terjatuh dan minyak dari dalam tangki tumpah ke badan jalan.

Entah bagaimana tiba-tiba Gozali Pane nengambil mancis dari saku celananya dan nenyulutkan api ke septor yang telah kena tumpahan bensin, sehingga septor terbakar menyebabkan petugas panik dan masyarakat sekitar berhamburan memadamkan api yang membakar septor.

Setelah api berhasil dipadamkan, Gozali Pane selaku pemilik septor dan barang bukti septor yang dibakar langsung diamankan ke Mapolres Kota Padangsidimpuan guna bahan penyidikan.

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Andy Nurwandy, S.Ik melalui Kasat Lantas AKP M Haris Sihite, yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut dan sebelum kejadian pembakaran, personil Sat Lantas Polres Padangsidimpuan sedang melakukan kegiatan razia rutin dalam pengaman lalu lintas di Kota Padangsidimpuan yang TKP nya di Jalan Sudirman tepat di depan tugu salak.

"Disaat kegiatan razia tersebut kita sudah melakukan teguran kepada pengendara itu, kemudian setelah di lakukan teguran pengendara roda dua tersebut kembali berulah dengan melintasi jalur itu disaat kegiatan razia rutin, akibatnya kami menilang pengendara tersebut karena telah melanggar peraturan lalu lintas, seperti tidak memiliki Tanda Nomor Kenderaan Bermotor (TNKB) dan juga tidak menggunaan Helm, akibat itu petugas langsung menilang di tempat, tidak merasa puas akibat tindakan protap dari pihak kepolisian tersebut, spontan saja pemilik kenderaan tersebut langsung membakar kenderaannya," jelas Kasat.

Ditambahkannya, dari hasil keterangan Gozali Pane, kenderan jenis Honda Revo yang dibawanya milik orang tuanya Asman Pane (56).

"Saya merasakan sangat kecewa karena ditilang pihak kepolisian," ucapnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar