Tim Gabungan Bea Cukai, BNN, dan Polri Amankan 281,6 Kg Sabu

Redaksi: Jumat, 28 Juli 2017 | 10.36.00

Petugas gabungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kepolisian Republik Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis metamphetamine (sabu) seberat 281,6 kilogram (26/07). (Foto: kemenkeu)
  

JAKARTA| HARIAN9
Petugas gabungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kepolisian Republik Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis metamphetamine (sabu) seberat 281,6 kilogram, Rabu malam (26/07). 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang meninjau langsung lokasi penggerebekan mengungkapkan bahwa penangkapan ini berawal adanya dugaan penyelundupan narkotika yang berasal dari Cina melalui jalur laut. 

“Setelah tim operasi memastikan target pelaku, tim melakukan penangkapan di pertigaan Jalan Pluit Karang Timur, Penjaringan Jakarta Utara. Dalam operasi tersebut, tim berhasil mengamankan dua orang tersangka S dan KHH, satu unit truk engkel box, berikut 281,6 kg sabu,” ungkapnya. 

Modus operandi yang digunakan oleh para pelaku yaitu dengan memasukkan narkotika jenis sabu ke dalam 8 koli Shoe Polishing Machine. Sebagai informasi, tersangka S merupakan WNI dan KHH merupakan warga negara Taiwan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai, Heru Pambudi menambahkan, satu orang tersangka terpaksa ditindak tegas karena melakukan perlawanan di Penjaringan saat berusaha membawa kabur sabu ke Sedayu Square, Cengkareng Jakarta Barat.

“Saat hendak dilakukan penangkapan oleh petugas gabungan, satu orang tersangka KHH warga negara Taiwan melakukan perlawanan sehingga diambil tindakan tegas oleh petugas gabungan yang menyebabkan tersangka meninggal dunia,” jelasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar