Warga Padang Bujur Manfaatkan Dana Desa Bangun Insfrastruktur Desa

Redaksi: Jumat, 28 Juli 2017 | 03.48.00

Warga desa Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Paluta bergotong royong membangun insfrastruktur jalan rabat beton bersumber dari Dana Desa TA 2017 menuju areal pertanian warga(atas), Kamis (27/7) dan Kepala Desa Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Paluta H. Ismail Ali Simamora bersama istri. (Foto : Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Dana Desa yang dikucurkan oleh  pemerintah pusat di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) benar-benar di manfaatkan masyarakat untuk kepentingan pembangunan baik itu insfrastruktur jalan maupun irigasi dan fasilitas umum lainnya.

Seperti hal nya di Desa Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Paluta, selama dua tahun berturut turut (2016 dan 2017), masyarakat memanfaatkan Dana Desa untuk membangun jalan rabat beton menuju persawahan dan perkebunan warga, yang kini panjang rabat beton yang dibangun telah mencapai 3.255 meter.

Semangat warga untuk membangun desa terlihat dari pola yang dilakukan Kepala Desa Padang Bujur H. Ismail Ali Simamora, dengan menggerakan warga untuk bergotong royong membagun desa mereka.

Kegiatan itu tidak hanya melibatkan para pemuda desa, tetapi juga kaum Ibu dan bapak turut terlibat di lokasi pembangunan. Semangat terlihat dari cara kerja mereka, agar pembangunannya bisa sesuai dengan harapan menuju kemakmuran desa. 

“Kuncinya hanya satu, berani mengatakan jujur. Yah…cuma satu kata itu saja yang saya tekankan kepada warga saya agar tetap semangat dan termotivasi menbangun desa,“ ujar H. Ismail saat ditemui di lokasi pekerjaan, Kamis (27/7) 

Disebutkannya, pembangunan insfrastruktur desa berupa jalan usaha tani dengan konstruksi rabat beton bersumber dari dana Desa tahun 2016 dan 2017 guna memperancar tarsportasi warga megangkut hasil pertanian dari areal persawahan dan perkebunan warga.

“Pembangunan dengan menggunakan Dana Desa tersebut harus terarah dan berkesinambungan. Artinya , penuh dengan manfaat warga Desa Padang Bujur. Di tahun 2017 saja, Pemerintah Desa Padang Bujur membangun jalan rabat beton sepanjang 1755 meter berbiaya Rp.600 juta,“ tambahnya.

"Pembangunan jalan rabat beton ini memang memang telah diprogramkan dari tahun 2016 hingga 2017,  sehingga warga masyarakat tidak susah lagi mengangkat hasil panennya, agar cepat sampai ke desa,“ jelasnya,  yang telah menjabat sebagai Kepala Desa Padang Bujur sejak tahun 2015.

“Infrastruktur jalan ini sangat vital bagi warga kami yang sebahagian besar adalah petani sawah dan kebun, mengingat selama ini hasil pertanian berupa padi, karet, kulit manis, sawit dan hasil pertanian lainnya terpaksa harus dipikul akibat ketiadaan sarana insfrastruktur. Harapan warga, dengan selesainya pembangunan jalan rabat beton nanti, akan bisa dilalui kenderaan roda dua dan tiga,“ katanya.

Ditambahkannya, kehadiran dana desa ini sudah sangat bagus dalam rangka percepatan pembangunan di tingkat pedesaan. Selain mengurangi pengangguran, keterlibatan warga juga akan menambah pendapatan bagi keluarga mereka.

“Dana desa ini sangat bermanfaat bagi pembangunan desa dan kami berharap ke depan pemerintah dapat lebih meningkatkan anggarannya, demi kelangsungan pembangunan desa dan  kepentingan masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, Dana desa ini cukup membantu masyarakat desa, karena dengan lancarnya transportasi pengangutan hasil pertanian dan produksi hasil pertanian semakin meningkat serta pendapatan masyarakat pun semakin meningkat juga.

“Diharapkan, setelah pembagunan infrastruktur jalan rabat beton ini selesai dan sudah bisa dinikmati warga, di tahun berikutnya di desa mereka akan berdiri Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES,“ sebutnya.

Sementara itu, Armadi Siregar, warga desa Padang Bujur, mengatakan sebelum jalan rabat beton ini dibangun, warga mengangkut hasil buminya dengan cara dipundak. 

Bahkan bila kondisi cuaca musim penghujan, maka hasil panen pun akan semakin sulit keluar dari areal persawahan dan terkadang hasil panen bisa tertahan 3 sampai 4 hari akibat minimnya sarana insfrastruktur.

“Bila jalan rabat beton ini benar-benar selesai, hasil bumi bisa langsung diangkut dengan sepeda motor dan hasil pertanian dengan cepat sampai ke desa. Disamping itu,alat mesin pertanian seperti hand tractor, dll pun sudah bisa masuk ke lokasi persawahan,“ katanya

Armadi juga  berharap, sekaligus mengajak seluruh warga di desanya untuk tetap bersama sama membagun desa Padang Bujur. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Paluta yang begitu peduli terhadap pembangunan di desa kami khususnya bagi petani, sehingga pengangkutan hasil bumi semakin lancar,“ ujarnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar  
    





Komentar