Komunitas Onthel POKKER Dukung Sosio Drama Kodim 0824 Pada HUT RI Ke 72

Redaksi: Selasa, 22 Agustus 2017 | 18.15.00

 Onthelis atau komunitas sepeda kuno yang tergabung di Paguyuban Onthel Kemuning-Kertosari (POKKER), yang meramaikan HUT Kemerdekaan RI dengan mendukung Sosio Drama yang dilaksanakan oleh Kodim 0824 Jember bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jember (DKJ), Selasa (22/08). (Foto: sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Berbagai pernak pernik HUT RI yang selalu diperingati oleh berbagai komunitas dan masyarakat diseluruh pelosok negeri merupakan wujud kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka dari hasil perjuangan panjang para pahlawan.

Hegemoninyapun sangat terasa hingga akhir bulan Agustus pada setiap tahunnya, sehingga masyarakat Indonesia selama satu bulan penuh sibuk membuat acara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Demikian halnya Onthelis atau komunitas sepeda kuno yang tergabung di Paguyuban Onthel Kemuning-Kertosari (POKKER), yang meramaikan HUT Kemerdekaan RI dengan mendukung Sosio Drama yang dilaksanakan oleh Kodim 0824 Jember bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jember (DKJ).

Pada Selasa (22/08/2017) saat kami singgah di markas POKKER  yang berdiri pada 21-08-2016 tersebut memiliki anggota sebanyak 160 orang dengan sepeda kunonya.

"Sepeda-sepeda kuno yang dimiliki anggota POKKER sudah termasuk sepeda antik sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, seperti merk Gazele buatan tahun 1910 dan lain-lain,"  kata Ketua Paguyuban Misbahul Munir.    

Saat ditanyakan bagaimana sumbangsihnya dalam memeriahkan HUT RI Ke 72 ini, ditegaskannya dirinya bersama anggota paguyuban sebagai generasi penerus bangsa tentunya sangat ingin berperan serta dalam mengisi kemerdekaan ini, untuk itu kita mendirikan paguyuban ini bukan semata-mata hanya untuk hura-hura tetapi turut serta dalam kegiatan pembangunan daerah dalam mengisi kemerdekaan ini, tentunya dengan kapasitas dan kemampuan yang kita miliki.

"Seperti beberapa waktu yang lalu dimana Pak Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto yang mengajak kami turut serta untuk mendukung kegiatan sosio drama perjuangan, tentunya sangat tepat sekali karena sepeda yang kami miliki adalah sepeda-sepeda yang dipakai pada jaman perjuangan dulu, sehingga kami tanpa pikir panjang langsung menyatakan sanggup," jelasnya.

Komandan Koramil 0824/25 Kapten Inf Ismianto saat kami konfirmasi pada waktu yang bersamaan juga menyampaikan bahwa Komunitas Onthelis POKKER sebagai bagian dari masyarakat Jenggawah sangat aktif dalam berbagai kegiatan, bahkan mereka sering mendukung kegiatan Koramil.

"Mereka bukan orang lain bagi kita tetapi saudara kita," tegas Kapten inf Ismianto.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Rudianto pun juga mengapresiasi keberadaan onthelis-onthelis Jember yang aktif mendukung kegiatan Kodim 0824 beserta jajarannya, dan paguyuban-paguyuban sepeda kuno/sepeda onthel di Jember ini cukup banyak salah satunya POKKER, hal ini merupakan salah satu potensi yang dapat kita jadikan sebagai bagian dari kekuatan dalam pembangunan.

Yang membuat kita salut pada mereka adalah dengan era global yang modern seperti saat ini tetapi mereka masih komitmen untuk melestarikan barang-barang kuno peninggalan leluhur dan mebentuk komunitas-komunitas yang meramaikan jalan pada setiap hari libur tampak mereka jalan-jalan dengan bendera merah putih kecil disepedanya, mengelilingi Kabupaten Jember.

"Sekali lagi salut dan terima kasih kepada POKKER yang telah mendukung kegiatan sosio Drama yang dilakukan oleh Kodim 0824 bekerjasama dengan DKJ Jember pada HUT RI Ke 72 di Alun-alun Jember, sukses buat onthelis Jember," tegas Letkol Inf Rudianto. (sis24).rel/03.     
Editor: Mardan H Siregar








Komentar