Dosen Unsam Langsa Budidaya Cacing Merah Untuk Bibit Ikan Lele

Redaksi: Sabtu, 19 Agustus 2017 | 12.15.00

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tanah Berongga-Sido Urep Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang (Foto: Jasmani)


ACEH TAMIANG|HARIAN9
Universitas Samudra (Unsam) Langsa mengutus tiga Dosen untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) guna pembinaan budidaya cacing merah sebagai pakan organik bibit ikan lele untuk masyarakat Kelompok Pembudi daya Ikan (Pokdakan) di Tanah Berongga-Sido Urep Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketiga Dosen itu Setyoko M. Pd, Baihaqi, M.A dan Adi Bejo Suwardi M.Si dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra.

Ketua tim Setyoko, M.Pd  dalam wawancara singkatnya kepada wartawan menyampaikan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM)  ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan kelompok akan ketersediaan pakan organik cacing merah, dalam budidaya ikan lele sekaligus memberikan pengetahun dan teknik budidaya cacing merah kepada anggota pokdakan tanah berongga-sido urep. 

Menurutnya, kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2017 sampai dengan 28 Juli 2017 yang lalu, dan sumber pendanaan didapat dari LPPM & PM Universitas Samudra tahun 2017.

Disebutkannya, media yang dipakai dalam budidaya cacing merah adalah kolam terpal berukuran 260 m2 yang ditempatkan pada salah satu rumah anggota kelompok. Kolam terpal yang telah disiapkan di masukkan EM-4, dedak, kotoran ternak dan lumpur. 

"Kolam ini sebagai bahan dasar dalam pembudidayaan cacing merah yang juga merupakan pakan organik untuk bibit ikan lele” ,tambahnya.

Kegiatan PKM itu, sungguh mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat khususnya  seluruh anggota Pokdakan setempat.  (Jas9)


Komentar