Inflasi Juli 2017, Kota Muaro Bungo dan Kota Jambi ada di peringkat 10 besar

Redaksi: Selasa, 01 Agustus 2017 | 20.08.00

Kepala Bidang Distribusi BPS Provinsi Jambi, Toto. A. Fatah mewakili Kepala BPS Provinsi Jambi yang berhalangan hadir memberikan keterangan berita rilis resmi statistik di aula Kantor BPS Provinsi Jambi, Selasa(01/08). (Foto: Inro)

JAMBI|HARIAN9 
Kota Jambi dan Kota Muaro  Bungo mendapatkan peringkat 10 (Sepuluh) besar untuk inflasi hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Distribusi BPS Provinsi Jambi, Toto. A. Fatah mewakili Kepala BPS Provinsi Jambi yang berhalangan hadir memberikan keterangan berita rilis resmi statistik di aula Kantor BPS Provinsi Jambi, Selasa(01/08).

Dikatakan oleh Toto.A. Fatah bahwa Kota Jambi dan Kota  Muaro  Bungo mengalami inflasi di bulan Juli  2017.

"Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0.30 persen dan Kota Muaro Bungo mengalami inflasi sebesar 0.47 persen," jelasnya.

Inflasi Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada 4(empat) kelompok pengeluaran, pertama, kelompok bahan makanan sebesar 0.02 persen, kedua, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0.78 persen, ketiga, kelompok perumahan, listrik, air, dan gas sebesar 0.05 persen dan terakhir keempat. Kelompok transportasi, komunikasi dan  jasa keuangan sebesar  1.1 persen.

Sedangkan untuk Kota Muaro  Bungo terjadinya karena  Adanya kenaikan indeks  harga pada 5(lima)  kelompok pengeluaran, pertama, kelompok makanan jadi sebesar 3.39 persen, kedua, kelompok perumahan, air,  listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0.21 persen, ketiga, kelompok sandang sebesar 0.05 persen, keempat kelompok kesehatan sebesar 0.06 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 3.19 persen.

"Dalam perbandingan inflasi antar kota se-Sumatera untuk bulan Juli dari 23 kota  ada sebanyak 15 kota mengalami inflasi," ujarnya.

Untuk inflasi tertinggi untuk se-Sumatera terjadi pada kota Pekanbaru sebesar 0.58 persen dan terendah di kota Meulaboh sebesar 0.01 persen. Untuk Kota Jambi mendapatkan peringkat ke-9 dan Kota Muaro Bungo ada diperingati ke-3. (inro9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar