Jumlah Peserta BPJS Medan Capai 2,9 Juta Jiwa

Redaksi: Rabu, 23 Agustus 2017 | 09.08.00


Pejabat Pelaksana Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr Asnila Dewi Harahap

MEDAN| HARIAN9
Pejabat Pelaksana Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr Asnila Dewi Harahap menyampaikan,  jumlah peserta BPJS Kesehatan Kota Medan tercatat yang tertinggi, hingga per 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Medan mencapai 2,998,208 jiwa. Sedangkan peningkatan kerjasama fasilitas kesehatan juga meningkat.

Dikatakannya, Jumlah tersebut, termasuk peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Kota Medan melalui program Medan Sehat, sebanyak 202,320 jiwa. Pemerintah Daerah Kota Binjai melalui program Binjai Sehat, sebanyak 8,978 jiwa, Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat melalui program Langkat Sehat, sebanyak 15,000 jiwa.

"Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Dan saat ini Kantor Cabang Medan telah bermitra dengan 228 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 77 Puskesmas, 131 Klinik dan 20 Klinik TNI/Polri,” ungkap Asnila dalam dalam kegiatan Public Ekspose capaian kinerja BPJS Kesehatan Cabang Medan di Jalan Karya, Medan, Selasa (22/8/2017)

Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Medan juga telah bekerja sama dengan 61 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). 

“Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS,” sebutnya.

Dikatakannya, pihaknya mengharapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat. 

“Bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019,” pungkasnya. (jae9)


Komentar