Kepengerusan Baru DPC LVRI Kota Langsa Dilantik

Redaksi: Rabu, 23 Agustus 2017 | 01.01.00


LANGSA| HARIAN9
Kepengurusan baru Dewan pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (DPC LVRI) Kota Langsa Masa Bhakti Tahun 2016 s/d 2021  dilantik oleh Kaminvetcad (Kepala Kantor Administrasi Veteran Cadangan) Kolonel Inf (Purn) H. M. Djafar Karim, di Gedung Serbaguna Makodim 0104/Aceh Timur Jln Medan – Banda Aceh Desa Payo Bujok Seulemak Kec. Langsa Baro Kota Langsa, Selasa (22/8/2017).

kegiatan itu dihadiri Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, S.E, Danyon Raider Khusus 111 / KB Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Kadis Sosial Drs. Mursyidi Budiman mewakili Walikota Langsa , Kakesbangpol Kota Langsa Agussalim, SH. MH, Ketua DPD LVRI Provinsi Aceh Kolonel Inf (Purn) H. M. Djafar Karim, Ketua DPC LVRI Kota Langsa Ahmad Hasan, Kaminvetcad 04/Lgs Kapten Czi Rusmin, Danramil 05/Lgsk Kapten Cpm Lilik Fitriadi, Danramil 29/Lgsb Lettu Inf Sukamto, Waka polsek Langsa Kota  Ipda Darwin Azhari, Camat Langsa Kota Taufiq S.Stp, Jajaran SKPK Pemko Langsa, Anggota jajaran LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kota Langsa, Jajaran KBA (Keluarga Besar Abri) Kota Langsa.

Selain itu, kata sambutan Ketua DPC LVRI Kota Langsa Ahmad Hasan mengatakan " Kita utamakan saling menjaga persatuan dan kesatuan kalau kita tidak menjaganya NKRI kita akan hancur, Sejak jaman dahulu telah banyak sahabat - sahabat dan pendahulu kita yang telah gugur dalam medan pertempuran, saya mohon perhatian kepada para yang hadir pada hari ini untuk menghargai kami sebagai Veteran Republik Indonesia "penyampaiannya"

Dalam kesempatan yang sama pula, Ketua DPD LVRI Provinsi Aceh Kolonel Inf (Purn) H. M. Djafar Karim, menyampaikan "Kita sama-sama telah melaksanakan pelantik DPC LVRI Kota Langsa pada hari ini dan Saya juga baru melantik DPC LVRI Kota Bireun baru-baru ini, Saya di beri tugas sebagai Ketua DPD LVRI Provinsi Aceh dan saya akan mengabdikan tugas saya untuk membantu para LVRI yang ada di jajaran Propinsi Aceh, serta saya mohon bantuannya kepada aparat yang terkait "ungkapnya"

"Bangsa yang besar adalah bangsa Yang mengingat akan jasa-jasa para pahlawan dan
LVRI itu ada di bagi 4 bagian Veteran Pejuang kemerdekaan, Veteran Pembela kedemerdekaan, Veteran Pembela Trikora, Veteran Pembela Seroja. Kita sudah menikmati hasil kemerdekaan ini berkat perjuangan para pahlawan dan Veteran Republik Indonesia Yang dulu berjuang untuk mempertahankan NKR "ungkapnya lagi"

Lebih lanjut, ia menambahkan "Ada sekitar 8.000 Veteran pejuang kemerdekaan yang masih mengambil gaji pensiun di pemerintahan dan saya mengharapkan perlu adanya undang-undang dalam melakukan anggota Veteran yang meninggal dunia di makam pahlawan. Masih adanya di kabupaten/Kota belum adanya tempat Taman Makam Pahlawan, jadi saya mohon kepada aparat pemerintah untuk menyediakan Taman Makam Pahlawan di kabupaten/Kota setempat serta saya mengharapkan kepada semua unsur masyarakat untuk sama-sama membangun Aceh agar Propinsi Aceh lebih maju lagi di masa mendatang dan saya sangat prihatin akan undang undang tahun1945 sudah tidak di hargai lagi sekarang ini, jadi saya mohon kepada generasi muda untuk menegakkan Undang-undang 1945 "ungkapnya"

Diakhir penjelasannya menyampaikan "sekarang ini kurangnya pelajaran sejarah di sekolah-sekolah dan kami nanti akan membentuk kegiatan Jiwa Sejarah Nasional (JSN) 45 serta saya perlu kerja samanya kepada aparat pemerintahan yang terkait. 
"Saya mengharapkan kepada veteran dan aparat pemerintah untuk mewaspadai gangguan dari komunis yang masih ada, jadi saya mohon bantuan kepada pemerintah dan instansi BUMN serta aparat instansi yang terkait untuk bisa membantu dana, rumah Duafa dan partisipasinya untuk DPC LVRI Kota Langsa "jelasnya"

Disamping itu, diacara yang sama, berkesempatan Dandim 0104/Aceh timur mengatakan "saya ucapkan selamat atas pelantikan kepada pengurus DPC LVRI Kota Langsa masa jabatan tahun 2016 - 2021 yang telah dilantik, semoga seluruh jabatan yang diemban ini kelak dapat di jalankan dengan baik,  Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia sebelum merebut kemerdekaan LVRI akan senantiasa bersama-sama komponen bangsa untuk saling bahu membahu guna mewujudkan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 "penyampaian Dandim"

"LVRI merupakan organisasi yang menghimpun para Veteran Republik Indonesia menurut UU No. 7 tahun 1967 dan negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka dalam meperjuangkan, membela dan mempertahankan NKRI pada masa Revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949 ikut aktif dalam mempertahankan  pembebasan Irian barat  melakukan Trikora  sejak 10 Des 1961 sampai dengan 1 Mei 1963 "ungkap Dandim"

Lebih lanjut, Menurut UU 7 tahun 1967 semua Veteran telah disahkan memperoleh gelar kehormatan Veteran Republik Indonesia berhak dan wajib menjadi anggota LVRI dan kedepan anggota LVRI Kota Langsa agar lebih mengedepankan  nilai juang, guna mengawal NKRI yang kita cintai dan kita banggakan ini "tutup Dandim"

Sambutan Walikota Langsa  yang di wakili oleh Kadis Sosial mengatakan Selamat kepada para peserta DPC LVRI Kota Langsa yang telah dilantik pada hari ini. Kami sebagai dinas sosial Pemko Langsa akan selalu merelokasi semua kegiatan DPC LVRI Kota Langsa dalam bidang sekolah melakukan idiologi Negara, terangnya.

Menurutnya, masalah bantuan dana operasional DPC LVRI Kota Langsa nanti Kami akan berkoordinasi kepada Kesbangpol Kota Langsa dalam hal ini dan masalah bantuan rumah duafa untuk DPC LVRI Kota Langsa untuk membuat permohonannya dan akan kita sampaikan kepada Walikota Langsa. 

"Kami nanti juga akan mengusulkan kepada Walikota Langsa untuk Makam Pahlawan dan akan saya sampaikan kepada Walikota Langsa serta akan diajukan ke Propinsi serta dalam masalah kebersihan TMP nanti kita akan berkoordinasi kepada Dinas Kebersihan Kota Langsa," tambahnya.

Adapun nama-nama pengurus DPC LVRI yang dilantik Ketua Ahmad Hasan, Wakil ketua T. Tawi, Sekertaris Zulkifli Ahmad, Bendahara Yacob (M), Bidang Ekonomi M. Ridwan Azis, Bidang Polkam Nurdin, Bidang Pemuda Usman Ahmad, Bidang Wanita Maimun ah Uslan, Bidang Sosbud Selamat, Bidang Umum Asmawati, Bidang Kesra Sadimin. (as9)

Komentar