Panglima TNI: Atlet Judo Harus Bertanding Dengan Seluruh Jiwa dan Raga

Redaksi: Selasa, 22 Agustus 2017 | 18.27.00

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku Pelindung PBPJSI saat Upacara Pelepasan 6 (enam) Atlet Judo Indonesia yang akan bertanding pada Sea Games ke-29 di Kuala Lumpur Malaysia, bertempat di Gedung Serbaguna Markas Besar Angkatan Darat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017). (Puspen TNI).  


JAKARTA| HARIAN9
Para atlet Judo harus bertanding dengan seluruh jiwa raga, yakin dengan kemampuan sendiri serta berusaha untuk mengalahkan lawan dengan trik-trik yang sportif dan ksatria, karena lawan tanding  yang akan dihadapi bukan hanya atlet tetapi juga suporter, jadi jangan terpengaruh.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku Pelindung Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PBPJSI) saat Upacara Pelepasan 6 (enam) Atlet Judo Indonesia yang akan bertanding pada Sea Games ke-29 di Kuala Lumpur Malaysia, bertempat di Gedung Serbaguna Markas Besar Angkatan Darat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa para atlet berpeluang membuat warga negara lain di luar negeri untuk menghormati Merah Putih. Panglima TNI dan Kasad tidak mempunyai kesempatan untuk itu, tetapi para atlet sangat punya peluang. 

“Inilah yang harus benar-benar ditanamkan pada diri kalian semuanya,” ujarnya.

“Kalian adalah patriot-patriot bangsa yang mempunyai peluang untuk mengibarkan Sang Merah Putih di negeri orang lain, dihadapan para peserta Sea Games ke-29 di Kuala Lumpur Malaysia. Hal ini suatu hal yang sangat luar biasa dan tidak semua warga negara Indonesia memiliki kesempatan tersebut,” ucap Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI mengajak para atlet untuk bertanding dengan semangat dan jangan sekali-sekali emosi karena akan ada tekanan dari suporter dan atlet lainnya. 

“Suporter, lawan dan wasit akan membuat kamu emosi, jangan terpengaruh. Kamu harus bisa mengendalikan emosi walaupun dicurangi dan tetap fokus untuk mengalahkan lawan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI menambahkan bahwa  guna memperbesar peluang meraih kemenangan para atlet harus memiliki video-video untuk mempelajari kemampuan, kekuatan dan kelemahan calon yang akan menjadi lawan tanding sehingga dapat menentukan strategi dan taktik dalam bertanding. 

“Tidak mungkin kamu bertanding tanpa mengetahui kemampuan lawan  karena dengan mengetahui kemampuan lawan, 60 persen kemenangan sudah di tangan . Untuk itu, video pertandingan  calon lawanmu sangat penting untuk kalian miliki,” jelasnya.

Di akhir sambutannya Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meyampaikan rasa bangganya kepada para atlet dan mengucapkan selamat bertanding, selamat berjuang dan selamat mengibarkan Merah Putih di Malaysia serta berharap dapat mendulang emas sebanyak-banyaknya.

Menurut rencana, pada hari Kamis, 24 Agustus 2017 para atlet Judo akan diberangkatkan menuju Kuala Lumpur Malaysia sebagai penyelenggara Sea Games ke-29 tahun 2017. Atlet-atlet Judo yang dikirimkan berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri atas 3 putra yang akan turun di kelas 66 kg, 73 kg dan 81 kg dan 3 putri yang akan turun di kelas 63 kg, 70 kg dan 78 kg. (Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H).rel/03.     
Editor: Mardan H Siregar










Komentar