Pasukan Garuda Sambut HUT RI Ke-72 di UNIFIL Lebanon

Redaksi: Rabu, 09 Agustus 2017 | 14.17.00

Acara yang bertemakan kebersamaan untuk perdamaian ini diawali dengan sambutan Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S yang dibacakan oleh Dansatgas MPU Konga TNI XXV-I/UNIFIL Letkol Cpm Joni Kuswaryanto yang juga selaku UNIFIL SEMPU CO. (Foto: PEN KONGA UNIFIL)


LEBANON| HARIAN9 
Gema menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pastinya dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada, termasuk para Prajurit TNI yang saat ini tergabung dalam Satgas Military Police Unit (MPU) Kontingen Garuda TNI XXV-I/UNIFIL Lebanon. 

Mereka punya cara tersendiri untuk merayakan momen bersejarah bangsa Indonesia bersama dengan para Peacekeepers dari negara lain seperti Brazil, Spanyol, Perancis, Nepal, Austria, Kamboja, El Savador, India dan Indonesia sendiri di Markas Sector East Military Police Unit UNP 7-3 Gajah Mada Base Blat Marjayoun Lebanon Selatan, Selasa (9/8/2017).

Acara yang bertemakan kebersamaan untuk perdamaian ini diawali dengan sambutan Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S yang dibacakan oleh Dansatgas MPU Konga TNI XXV-I/UNIFIL Letkol Cpm Joni Kuswaryanto yang juga selaku UNIFIL SEMPU CO. 

“Bahwa acara olahraga bersama ini selain untuk meningkatkan Nasionalis medan Patriotisme Prajurit TNI juga ditujukan untuk menjaga silaturahmi para pasukan penjaga perdamaian di Lebanon, baik yang tergabung dalam misi UNIFIL dan UNTSO,” sebutnya.

Kegiatan lomba seperti ini juga dilakukan seluruh masyarakat Indonesia dimanapun pada bulan Agustus. 

Selanjutnya Joni juga menceritakan sedikit sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah sampai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Proklamator Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.

Sebelum aneka perlombaan dimulai, para Peacekeepers diajak untuk berjoged bersama mengikuti irama music dari Provinsi NTT, tari Gemu Famire yang ternyata disukai dan sangat dinikmati gerakan serta musiknya. 

Perlombaan khas Indonesia yang digelar seperti balap karung, jogged balon, babi ngepet, bakiak, makan kerupuk, mengambil koin dalam buah semangka, memasukkan pensil ke botol, memecah balon. 

“It’s Very Funny and I Never Seen Before, Awesome,” kata Major Predag Ruzic Perwira dari Kontingen Serbia.

Sepanjang pertandingan dipenuhi dengan tertawa dan gembira. Sosok Prajurit tangguh dari negara-negara Eropa pun mengalami kesulitan saat lomba bakiak dan lomba makan kerupuk.

Selain pemberian hadiah lomba bagi para pemenang, panitia juga memberikan Lucky Draw, hadiah bagi para peserta yang beruntung dipanggil nomornya, bahkan Prajurit Nepal begitu senangnya mendapat Doorprize dan menari di tengah lapangan. 

“Ini ide yang baik untuk membuat kita semakin akrab dan saling mengenal,” kata Kapten Anton yang berkebangsan Finlandia dari Observer Grup Lebanon (OGL).

Dalam kesempatan tersebut, Lt. Col. Dominguez Komandan Batalyon Spanyol memberikan sambutan bahwa acara seperti ini sangat bagus, semarak dan menarik sekaligus mengucapkan selamat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-72.

Acara ini pun ditutup oleh Wadan sektor Timur Kolonel Inf Pribadi Jatmiko dengan ucapan terimakasih dan semoga semangat para Peacekeepers tetap terjaga sampai akhir misi, kemudian dilanjutkan foto bersama seluruh panitia dan peserta yang hadir. 

DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-72…….!!! Mari terus bekerja bersama membangun Indonesia Jaya. (Autentikasi: Perwira Penerangan Konga Unifil, Lettu Inf Hasmuliadi).rel/03.
Editor: Mardan H Siregar





Komentar