Pemkab Paluta Salurkan Dana PKH Tahap I Tahun 2017

Redaksi: Rabu, 02 Agustus 2017 | 00.32.00

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH didampingi Kadis Sosial Paluta Hasbullah Harahap dan Camat Portibi Gusti Harahap memantau penyerahan kartu elektrik social kepada penerima dana PKH pada penyaluran dana PKH tahap I tahun 2017 dengan system non tunai di Kantor Camat Portibi, Selasa (1/8).  (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Sosial Kabupaten Paluta melakukan penyaluran dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2017 dengan system non tunai, Selasa (1/8).

Bantuan PKH yang merupakan program dari Kementerian Sosial RI diserahkan kepada masyarakat peneriima, sekaligus launching penyaluran secara non tunai, dilaksanakan di Kantor Camat Portibi, dihadiri oleh Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH, Kadis Sosial Paluta Hasbullah Harahap SSos, Camat Portibi Gusti Harahap, perwakilan Bank Mandiri, petugas pendamping PKH serta mendapat pengamanan dari pihak Koramil 05 Padang Bolak.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH saat penyerahan bantuan tersebut mengatakan, pemberian bantuan PKH merupakan wujud kepedulian pemerintah, baik pusat dan daerah kepada masyarakat tidak mampu atau rakyat miskin yang diharapkan dapat menekan penurunan angka masyarakat yang termasuk kategori keluarga miskin.

Dijelaskannya, bantuan PKH ini juga bertujuan untuk meringankan beban pengeluaran Keluarga sangat miskin/keluarga miskin (KSM/KM), meningkatkan kesejahteraan KSM/KM melalui layanan kesehatan dan pendidikan termasuk memutus rantai kemiskinan.

“Para penerima manfaat kiranya dapat menggunakan uangnya dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan anak maupun kepentingan yang bermanfaat demi kesejahteraan dan kelangsungan pendidikan keluarga,“ pesan Burhan.

Sementara Kadis Sosial Paluta Hasbullah Harahap S.Sos dalam sambutannya mengatakan, pemberian bantuan PKH sekaligus pengenalan penyaluran dana PKH dengan sistem non tunai ini merupakan tahap pertama untuk tahun 2017 yakni untuk periode bulan Januari-Maret.

Ditambahkannya, penyerahan bantuan PKH secara simbolis dengan system non tunai oleh Pemkab Paluta diawali di Kecamatan Portibi dan akan dilakukan secara bergiliran yang dipusatkan di kantor Camat masing-masing setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Paluta.

Diharapkannya, bantuan yang datangnya dari Kemensos melalui PKH ini benar-benar dipergunakan untuk kepentingan mendasar, sehingga bisa membantu meringankan beban warga yang memang membutuhkan.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan sekolah dan pendidikan anak ataupun kebutuhan yang bermanfaat idikan lainnya,” ungkapnya.

Sementara Koordinator penyaluran PKH untuk Kabupaten Paluta Irdan Hidayat Harahap menyampaikan, penyaluran bantuan PKH hari ini juga merupakan penyaluran perdana (launching) secara system non tunai yang diawali di kantor Camat Portibi.

Selain melakukan penyaluran secara system non tunai, pihaknya juga membagikan kartu elektrik social berupa anjungan tunai mandiri dan buku rekening kepada seluruh peserta penerima dana PKH. 

Karena itu, di penyaluran tahap 1 ini peserta harus melakukan aktivasi tabungan terlebih dahulu, sehingga dalam penyaluran selanjutnya dana bansos PKH secara otomatis akan masuk ke rekening penerima.

“Pembayaran dana PKH yang dilakukan sebelumnya adalah sistem tunai yang dibayarkan di kantor pos terdekat. Namun setelah dilakukan crossing data dan sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah pusat, pembayaran dana PKH tahun 2017 yang dikeluarkan oleh pihak pemerintahan berupa kartu elektrik sosial yang nantinya berfungsi sebagai kartu tanda untuk peneima dana PKH,“ katanya.

Dirincikannya, untuk penyaluran perdana secara system non tunai ini, pihaknya langsung membagikan dana secara tunai kepada seluruh peserta di Kecamatan Portibi yang berjumlah 515 peserta. Penyaluran dana PKH ini secara bergiliran di seluruh kecamatan dan dijadwalkan akan selesai hingga tanggal 8 Agustus mendatang.

“Untuk tahap kedua nantinya peserta akan bisa mengambil sendiri dana PKH ke bank yang ditunjuk yakni Bank Mandiri sebagai penyalur dana PKH di wilayah Kabupaten Paluta atau di agen-agen yang nantinya akan dibuka oleh pihak Bank Mandiri di seluruh kecamatan," tambahnya.

Ditambahkannya, di tahun 2017 ini masing-masing masyarakat penerima bansos PKH akan mendapatkan dana Rp500 ribu setiap kali penyaluran, dimana dalam 1 tahunnya Pemerintah Pusat melakukan penyaluran bansos PKH sebanyak 4 kali.

“Untuk Kabupaten Paluta, sesuai dengan crossing data terakhir yang telah dilakukan oleh petugas pendamping PKH di Paluta, jumlah peserta penerima PKH tahap I tahun 2017 di daerah Paluta sebanyak 4458 peserta,“ paparnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                                



Komentar