Pemko Batam luncurkan Pengaduan "Apekesah"

Redaksi: Rabu, 23 Agustus 2017 | 16.27.00

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menekan tombol tanda diluncurkannya Aplikasi layanan pengaduan masyarakat berbasis website. Aplikasi itu dinamakan “Apekesah”. (Foto: Agus Hutauruk)


BATAM| HARIAN9
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad meluncurkan Aplikasi layanan pengaduan masyarakat berbasis website. Aplikasi itu dinamakan “Apekesah”.

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol video profil Apekesah oleh Amsakar Achmad di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam.

Dalam sambutannya Amsakar berharap Apekesah ini tidak berhenti di peluncuran saja,saya tidak ingin Apekesah ini seperti puisi Chairil Anwar”Sekali berarti sudah itu mati”.dan harapan saya saat apekesah kita Launching jangan ada lagi informasi pengaduan masyarakat yang terbiarkan dan terabaikan.

Peluncuran Aplikasi ini juga mendapatkan Apresiasi dari Dinas Kominfo Kepri,Guntur Sakti mengatakan Batam punya kelebihan di bandingkan daerah lain yang ada di Kepri salah satunya menjadi pusat penyimpanan data yang ada di gedung BP Batam,selain itu hampir semua provider sudah ada di Batam dan kabel-kabel viber Optik sudah tertanam di perut bumiBatam,ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim menjelaskan Apekesah ini sudah bisa diunduh di Playstore Android atau dapat juga diakses melalui website http://apekesah.batam.go.id.

“Setelah di-download (unduh), tahapan berikutnya registrasi. Daftarkan username, password, alamat email, dan nomor handphone. Kemudian akan ada balasan ke email untuk aktivasi akun,” ujar Salim.

Ia menjelaskan masyarakat bisa membuka aplikasi dan login (masuk) dengan username serta password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, masyarakat bisa menyampaikan pengaduan melalui formulir isian yang tersedia.

“Isi judul aduan, lokasi, tanggal, waktu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dituju, dan uraian singkat tentang kejadian yang dilaporkan. Lampirkan foto,” kata dia.

Tiap OPD, kata Salim, sudah diberi username dan password untuk pengawasan aduan masyarakat melalui Apekesah ini. Peran OPD sangat besar untuk menindaklanjuti aduan masyarakat.(AH9)

Komentar