Polres Padangsidimpuan Musnahkan Barang Bukti Narkoba

Redaksi: Rabu, 02 Agustus 2017 | 01.02.00

Waka Polres Kota Padangsidimuan Kompol JW Sijabat, SH bersama Kasi Pidum Kejari Padangsidimpuan Ahmad Harahap, SH dan Kasat Narkoba Polres Padangsidimpuan AKP. CJ Panjaitan, SH memasukkan ekstacy dan sabu ke dalam blender untuk dimusnahkan pada acara pemusnahan barang bukti narkoba di Mapolres Kota Padangsidimpuan, Senin (31/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Wakil Kepala (Waka) Kepolisian Resort (Polres) Kota Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat, SH pimpin pemusnahan barang bukti (BB) berbagai jenis narkoba di Mapolres Padangsidimpuan, Senin (31/7).

Pemusnahan berbagai barang bukti narkoba seperti pil extacy, sabu dan ganja itu disaksikan Kasi Pidum Kejari Padangsidimpuan Ahmad Harahap, SH,  perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan, Kasat Narkoba Polres Padangsidimpuan AKP. CJ Panjaitan, SH, perwakilan Dinas Kesehatan, Kantor Kesbang  Pemko Padangsidimpuan dan Ketua DPP LSM Mitra BNN Aman Sudirman.

Dalam laporannya, Kasat Narkoba Polres Padangsidimpuan AKP CJ Panjaitan, SH mengatakan, pemusnahan barang bukti berbagai jenis narkotika tersebut berdasarkan pasal 7, 11, 38, 39, 45 KUHAP dan pasal 75, 91 Undang-Undang No.35 tahun 2009 tentang narkotika.

Kasat merincikan, jumlah narkotika yang dimusnahkan tersebut yakni, narkoba jenis ekstacy jumlahnya 250 butir, sabu seberat 179,3 gram dan ganja seberat 9 kilogram. Untuk ekstacy dan sabu, pemusnahannya dilakukan dengan cara di blender dan pemusnahan narkotika jenis ganja dengan cara di bakar di dalam tong.

“Seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan 5 kasus narkoba selama dua bulan (Juni dan Juli 2017) di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, dengan jumlah tersangka sebanyak 8 orang,“ ujar Kasat

Usai pemusnahan barang bukti, Waka Polres Kota Padangsidimuan Kompol Kompol JW Sijabat, SH didampingi Kasat Narkoba Polres Padangsidimpuan AKP CJ Panjaitan, SH mengatakan, kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut merupakan bentuk transparasi Polres Padangsidimpuan kepada masyarakat khususnya dalam penanganan tindak pidana umum, sekaligus untuk mengantisipasi penyalahgunaan barang bukti oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kompol JW Sijabat mengharapkan agar generasi muda untuk tidak mencoba-coba menggunakan Narkoba karena merugikan diri sendiri, keluarga, lingkungan, bangsa dan Negara dan narkotika itu sangat membahayakan bagi generasi bangsa, sehingga tidak ada cerita, kita harus sama-sama memeranginya, bahkan kalau ada anggota saya yang terlibat, segera laporkan ke komando.

Atas nama pimpinan, Wakapolres, juga mengucapkan terimakasih kepada jajarannya selama operasi memberantas penyalahgunaan Narkotika,mengingat kejahatan Narkotika ini sudah merambah ke seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu dibutuhkan sinergitas bagi seluruh aparat Negara untuk bekerja sama.

“Pihak Kepolisian khususnya Polres Kota Padangsidimpuan dalam meminimalisir penyebaran Narkotika akan terus melakukan penindakan tegas serta mengoptimalkan penyuluhan hukum di sekolah-sekolah,“ katanya.

Terpisah, Ketua DPP LSM Mitra BNN Aman Sudirman mengapresiasi jajaran Polres Padangsidimpuan yang telah melakukan pemusnahan barang bukti narkoba ini, sehingga masa depan anak bangsa banyak yang terselamatkan dari bahaya narkotika.

“Pemusnahan barang bukti yang dilakukan secara transparansi ini adalah sebagai wujud komitmen bersama dalam pemberantasan narkoba yang telah meracuni generasi muda khususnya di Kota Padangsidimpuan,” ungkap Aman. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                  



Komentar