Polres Tapsel Ciduk Pelaku Curanmor

Redaksi: Rabu, 02 Agustus 2017 | 22.54.00

Tersangka curanmor AH (20) yang diamankan petugas Polsek Padang Bolak bersama barang bukti satu unit sepeda motor kawasaki jenis KLX, Rabu (2/8). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Unit Reserse dan Kriminal Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) berhasil menangkap AH (20) yang diduga pelaku pencurian motor (curanmor) milik Firdaus Sinaga yang merupakan karyawan PT Barumun Agro Sentosa (BAS).

Tersangka yang sudah lama diburon dan masuh Daftar Pencarian Orang (DPO) kepolisian dalam kasus curanmor diciduk di daerah Bagan Batu, Riau. Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor jenis Kawasaki KLX.

Kapolres Tapsel AKBP. M, Iqbal Harahap, S.Ik melalui Kapolsek Padang Bolak AKP Syahrul SH MH dalam keterangan pers nya Rabu (2/8) mengatakan, tersangka AH yang merupakan warga Tebing Tinggi, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Paluta sudah lama dicari pihak kepolisian dan masuk DPO.

“Tersangka ditangkap di daerah Bagan Batu, Riau bersama barang bukti sepeda motor jenis Kawasaki KLX dan kini tersangka sedang dalam pemeriksaan di unit Reskrim Mapolsek Padang Bolak,“ ujar Syahrul.

Dijelaskannya, kronologis kejadian pencurian sepeda motor milik Firdaus Harahap tersebut terjadi pada  9 Juli 2017. Kemudian yang merupakan karyawan PT BAS membuat laporan ke Polsek Padang Bolak dengan laporan kehilangan sepeda motor jenis Kawasaki KLX.

Atas laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Padang Bolak langsung membentuk tim untuk melakukan penyelidikan dan mencari tahu siapa pelaku curanmor itu. Setelah mengumpulkan sejumlah informasi terkait pelaku curanmor tersebut, tim dari Polsek Padang Bolak berangkat ke daerah Bagan Batu, Riau untuk melacak pelakunya.

Tim yang berangkat dengan mengantongi identitas pelaku serta menggunakan bantuan alat GPS, akhirnya berhasil menangkap tersangka dikediaman saudaranya di daerah Bagan Batu, Riau. Selanjutnya tersangka dan barang bukti di boyong ke Polsek Padang Bolak.

“Untuk melacak keberadaan tersangka, kita menggunakan alat GPS. Tersangka AH langsung kita amankan dari kediaman saudaranya di Bagan Batu, Riau,“ katanya.

Menurutnya, dari pengakuan tersangka, pencurian sepeda motor itu dilakukan tersangka karena tersangka ingin punya sepeda motor yang bagus dan lebih bergaya untuk membonceng pacarnya. Sebab katanya, kekasih hatinya tidak mau berboncengan dengannya jika ia menggunakan sepeda motornya yang lama karena tidak mentereng dan bergaya.

“Tersangka mencuri sepeda motor KLX ini untuk membawa pacarnya jalan-jalan. Pasalnya, pacar tersangka tidak mau dibonceng dengan menggunakan sepeda motor jenis revo milik tersangka karena sepeda motor model lama,“ jelasnya.

Dikatakannya, tersangka mencuri sepeda motor itu dari halaman rumah salah satu karyawan PT BAS di Divisi VI. Saat itu tersangka melihat sepeda motor yang terparkir lengkap dengan kunci kontaknya dan tersangkapun langsung melarikan sepeda motor tersebut ketempat pacarnya di daerah  Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel).

“Atas perbuatannya, tesangka sudah dijebloskan ke Rumah Tahanan Polisi (RTP) di Mapolsek Padang Bolak dan terancam hukuman 6 tahun penjara,“ paparnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

                                                                                         





Komentar