PT ANJ Agri Siais Gelar Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Kader Posyandu

Redaksi: Rabu, 02 Agustus 2017 | 00.22.00

Para peserta sosialisasi dan pemateri foto bersama usai acara sosialisasi pembinaan dan Pemberdayaan Kader Posyandu, di SDN Lingkungan Sawmil Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa, (25/7). (Foto: Riswandy)




TAPSEL| HARIAN9
Salah satu upaya menekan kematian ibu khususnya ibu hamil, PT. Austindo Nusantara Jaya (PT.ANJ) Agri Siais menggelar sosialisasi pembinaan dan Pemberdayaan Kader Posyandu, bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lingkungan Sawmil Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa, (25/7).

Acara sosialiisasi yang berlangsung sehari mulai pukul 09.30 Wib sampai pukul 12.30 Wib itu, dibuka Kadis Kesehatan Tapsel diwakili Kabid Promosi Kesehatan pada Dinas kesehatan Tapsel Mawarni Harahap, dihadiri pimpinan PT ANJ Agri Siais diwakili Manager EA Rotman Fahrozi, Manager Poliklinik dr. Erwan Taufik, CID Officer PT ANJ Agri Siasi Abdul Haris Margolang,  Lurah Pardomuan Maswat Hasibuan dan Kepala Puskesmas Simarpinggan dr.Dian Aspasia Limbang dan pemateri di sampaikan oleh Ny. Armaini dari Puskesmas Simarpinggan.

Sementara peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 35 orang yang berasal 6 lingkungan di Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan masing-masing  dari Kader Posyandu dari Lingkungan Garonggang 5 orang, Kader Posyandu Lingkungan Simaronop 5 orang, Kader Posyandu Lingkungan Sawmill 5 orang, Kader Posyandu Lingkungan Sironcitan 5 orang, Kader Posyandu Lingkungan Janjimatogu 5 orang dan Kader Posyandu dari lingkungan PT ANJ Agri Siais 10 orang yang dipandu oleh stakeholder pendukung dari  Puskesmas Simarpinggan 4 orang, Dinas Kesehatan Tapsel 4 orang, Kelurahan Pardomuan dan Lingkungan Sawmil

Kadis Kesehatan Tapsel diwakili Kabid Promosi Kesehatan pada Dinas kesehatan Tapsel Mawarni Harahap  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan PT ANJ Agri Siais yang telah bersedia melaksanakan kegiatan sosialisasi pembinaan dan pemberdayaan kader posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman terhadap fungsi,tugas  dan peran kader posyandu untuk menyelenggarakan pembangunan kesehatan  masyarakat.

“Kegiatan yang dilakukan perusahaan adalah hal yang sangat positif  dan bermamfaat dalam terselenggaranya kegiatan posyandu yang berkwalitas. Dengan terselenggranya kegiatan sosialisasi pembinaan dan pemberdayaan kader posyandu olrh PT.ANJ Agri Siais, berarti PT.ANJ Agris Siais telah berpartisipasi dalam program Gerakan Masyarakat (Germas) yang merupakan salah satu program pemerintah dalam bidang kesehatan dan  merupakan satu diantara bentuk kegiatan program Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),“ ujar Mawarni.

Sementara, General Manager (GM) PT Anj Agri Siais diwakili Manager EA Rotman Fahrozi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi pembinaan dan pemberdayaan kader Posyandu adalah merupakan bentuk komitmen dan perhatian perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan Posyandu.

Ditambahkannya, kegiatan Posyandu adalah salah satu bentuk partsispasi masyarakat dalam pembangunan nasional di bidang kesehatan sehingga rangkaian kegiatan Posyandu harus dilakukan dengan baik agar memberikan mamfaat yang luas bagi masyarakat.

“Untuk tujuan tersebut maka kader kader Posyandu haru di bekali kompetensi  dan  pengetahuan yang cukup mengenai apa apa saja yang harus disiapkan dan kegiatan kegiatan utama apa saja yang dilakukan dalam setiap pelaksanaan Posyandu,“ jelas Rotman.

Sedangkan Kepala Puskesmas Simarpinggan dr. Dian Aspasia Limbong dalam sambutannya menyambut dengan baik kegiatan sosialiasis pembinaan dan pemberdayaan kader posyandu yang dilakukan oleh perusahaan  dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambuangan dan berkelanjutan.

Menurutnya, agar kegiatan memberikanan mamfaat bagi masyarakat luas maka perlu tindak lanjut dari perusahaan dengan membantu pemberian makanan tambahan bergizi kepada anak anak dan ibu ibu yang mengikuti kegiatan posyandu. 

Pemberian makanan tambahan bergizi juga dapat memberikan motivasi kepada ibu ibu untuk memeriksakan perkembangan kesehatan anaknya ke posyandu dan pemberiabn makanan tambahan tersebut dapat bekerjasama dengan kader kader posyandu untuk mengelolanya.

“Pemberian makanan tambahan bergizi akan memberikan citra yang sangat  baik bagi perusahaan kerena penerima mamfaat dari bantuan adalah langsung menyentuh masyarakat luas,“ katanya.

Lurah Pardomuan Maswat Hasibuan menyampaikan agar pemberian makanan tambahan bergizi oleh perusahaan  kepada ibu dan anak yang melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu pada tahun 2013 a/s 2016 dapat di realisasikan kembali.

Pada kesempatan itu, Ny. Armaini yang merupakan salah satu staff di Puskesmas Simarpinggan dan telah memperoleh sertipikat tingkat propinsi Sumatera Utara dalam mengedukasi pembinaan kader Posyandu menyampaikan materi yang berhubungan dengan pelaksanaan Posyandu, meliputi  pengertian Posyandu, manfaat Posyandu, kegiatan utama Posyandu, sasaran Posyandu dan pelaksanaan Posyandu. 

Disampaikannya, cara mengisi buku kesehatan ibu dan anak (KIS) yang berisi tentang grafik perkembangan kesehatan ibu dan anak dan kartu menuju Indonesia Sehat (KMS) yang berisi tentang standart pemberian dan pemenuhanj gizi keluarga.

Sedangkan Ny. Mawarni Harahap menyampaikan materi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat yang merupakan salah satu program pemerintah dalam bidang kesehatan. Kader kader Posyandu diajak untuk menjadi motor penggerak dan pemberi motovasi dan contoh kepada masyarakat untuk dapat berperialku hidup bersih dan sehat. Sebagai salah satu contoh adalah tidak melakukan buang air besar (BAB) disembarang tempat.

Dihimbaunya, agar kader-kader Posyandu memilki jamban di rumah masing masing. 

“Kader Posyandu harus menjadi penggerak kesadaran masyarakat untuk bersama sama menjaga kesehatan lingkungan yakni dengan selalu berprilaku hidup bersih dan sehat dalam segala aktivitas keseharian,“ paparnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar