Targetkan Bawa 100 Buyers, ITPC Jeddah Road Show Promosikan TEI 2017

Redaksi: Rabu, 16 Agustus 2017 | 20.21.00



JEDDAH| HARIAN9 
Sebanyak 40 buyers Arab Saudi menyatakan siap meramaikan ajang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 yang akan digelar 11-15 Oktober 2017 mendatang. 

Ketertarikan para buyers tersebut untuk hadir merupakan buah kerja Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah yang terus giat menyosialisasikan TEI 2017 ke berbagai Chamber of Commerce and Industry (Kadin) di wilayah akreditasi KJRI Jeddah.

“Sebagai bagian dari Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah, ITPC Jeddah berkomitmen mendatangkan sebanyak mungkin buyers ke ajang TEI. Kami tengah melakukan road show ke Kadin daerah akreditasi Jeddah, temu media, serta branding produk Indonesia pada sarana transportasi Haji 2017. Target yang ingin kami capai yaitu 100 buyers,” ungkap Kepala ITPC Jeddah Gunawan, (16/08).

Pada kegiatan road show tersebut, bersama Konsul Jenderal RI Jeddah M. Hery Saripudin, Gunawan mengajak pengusaha-pengusaha anggota Kadin di wilayah Jeddah, Makkah, Madinah, Al-Baha, Yanbu, dan lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam TEI 2017 untuk bertemu pengusahapengusaha dari seluruh dunia dan Indonesia. 

Pada road show tersebut, dijelaskan segala hal terkait potensi yang didapat melalui TEI, termasuk fasilitasi registrasi online TEI. 

Disampaikan pula bahwa KJRI Jeddah telah bekerja sama dengan Indonesia Saudi Business Council (ISABC) untuk memberikan pelayanan bagi pengusaha Arab Saudi ke TEI.

Sejauh ini, diungkapkannya, road show ke Kadin-Kadin di Arab Saudi sudah dilaksanakan di Kadin Yanbu pada 15 Agustus 2017, Kadin Jeddah pada 10 Agustus 2017 berupa konferensi pers TEI, Kadin Madinah pada 7 Agustus 2017, Kadin Al-Baha pada 3 Agustus 2017, dan Kadin Mekkah pada 16 Juli 2017. 

Adapun promosi selanjutnya akan dilaksanakan di Kadin Tabuk pada 21 September 2017 dan Kadin Abha pada 26 September 2017.

Selain rangkaian kunjungan ke Kadin-Kadin, pada 5 Agustus 2017, juga telah diluncurkan branding produk Indonesia “Trade with Remarkable Indonesia” dan iklan TEI di bus jamaah haji.

“Rangkaian road show dari Kadin ke Kadin ini dinilai efektif untuk menggaet buyers karena pimpinan Kadin dapat mengoordinasikan anggotanya yang merupakan para pengusaha untuk hadir pada TEI ke-32,” lanjut Gunawan.

Dijelaskannya, selain mengajak untuk berpartisipasi dalam TEI, para pengusaha yang berada di bawah Kadin juga diingatkan untuk bersama-sama melakukan tindak lanjut berbagai kesepakatan (MoU) yang telah dilakukan antara Kadin di Arab Saudi dengan Kadin-Kadin daerah di Indonesia. 


Salah satu yang harus ditindaklanjuti yaitu MoU antara Kadin Madinah dan Kadin Yogyakarta yang pada 2014 lalu menyepakati perjanjian peningkatan kerja sama di bidang perdagangan, industri, konstruksi, teknologi, teknologi informasi/IT, makanan dan minuman, termasuk kerja sama rumah sakit dan investasi di bidang lainnya. 

Sedangkan pada road show di Kadin Madinah, KJRI Jeddah juga mengingatkan bahwa Kadin Madinah pada 2016 telah melakukan penandatanganan MoU dengan Kadin DKI Jakarta untuk meningkatkan hubungan perdagangan, pariwisata dan investasi ke Indonesia.

Temu Media dengan Media Lokal Arab Saudi

Penyebaran informasi TEI juga telah dilakukan Tim Perdagangan dan Ekonomi KJRI Jeddah melalui temu media yang dilakukan secara santai dengan mengundang jurnalis media-media cetak dan online terbesar di Arab Saudi guna meningkatkan pemberitaan TEI di koran lokal Arab Saudi. 

Pada kesempatan tersebut, para jurnalis Arab Saudi sekaligus dipersilakan menikmati dan mengenal makanan khas Indonesia seperti sate, gado-gado, tahu, tempe, soto betawi, es cendol, dan aneka kuliner khas Indonesia.

Pantauan Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah menunjukkan bahwa kegiatan branding produk Indonesia, termasuk upaya branding pada saat pelaksanaan Haji 2017, yang disampaikan melalui media cetak, online, dan elektronik, serta media sosial telah banyak menarik perhatian masyarakat.

“Dengan pemberitaan yang masif diharapkan masyarakat lokal Arab Saudi dan masyarakat Indonesia di Arab Saudi mengetahui dan memahami Indonesia dengan lebih baik. Promosi ini dilakukan secara terus menerus sehingga mampu menarik perhatian masyarakat Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia,” ujar Gunawan. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar