A Chien Politikus Muda Era Baru Kabupaten Langkat

Redaksi: Selasa, 12 September 2017 | 00.51.00


STABAT| HARIAN9
Disaat jamannya demokrasi dibuka lebar oleh Presiden Indonesia KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan melepas kekangan budaya dengan mencabut Inpres Nomor 14/1967.Disana pula era baru perpolitikan tanah air menjadi lebih berwarna, demokrasi pasca reformasi membuka lebar kesempatan bagi etnis Tionghoa untuk berpolitik. Menjadi ajang pembuktian bagi mereka untuk mengabdi kepada ibu pertiwi, walau banyak juga yang gagal dipembuktian itu.

Tahun ini semisal, adalah tahun pengalaman pertama bagi Thomas Saputra SE untuk maju di pilkada serentak 2018 mendatang dengan mendaftar sebagai balon Bupati di Kantor DPC Gerindra Langkat, baru-baru ini.

A Chien, demikian dia biasa disapa oleh masyarakat ini memang bertekad untuk berkarir penuh di dunia politik sejak beberapa tahun lalu. Namun kesempatan itu baru setahun terakhir ia dapatkan setelah memenangkan ujian dan dilantik sebagai ketua DPD Perindo Langkat oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

“Saya sangat tertarik didunia politik ini, kata orang bijak, politik mampu mengubah segalanya. Saya ingin mengabdi kepada masyarakat Langkat, dan sekarang saya telah mendaftar sebagai balon Bupati ke partai Gerindra, semoga Tuhan bersama niat baik saya” Paparnya A Chien kepada wartawan, di Dapoer Alun-alun Coffe Stabat, Senin (11/9/2017), sembari mengatakan sempat akan bergabung dengan PDI Perjuangan sebelum berlabuh di Perindo.

Diakui A Chien, berkarir di dunia politik bukanlah pilihan yang umum bagi pemuda Tionghoa di Kab.Langkat. Apalagi keluarga besarnya Jumbo Perabot pebisnis handal pernah menentang keputusannya yang dianggap diluar nalar itu.

Namun pemuda kelahiran 3 Desember 1990 silam itu sudah membulatkan tekad yang sulit ditawar oleh keluarganya. "Saya ingin menyumbang gagasan dan pemikiran buat kemajuan pemkab Langkat. Jika hanya disampaikan ke pemerintah, saya rasa implementasinya belum tentu jalan. Karena itukan lebih baik saya terjun langsung" imbuhnya.

A Chien menegaskan, menjadi Bupati Langkat 2018-2023 adalah cita-citanya jangka panjang agar mampu membawa Langkat kearah yang lebih baik “Langkat makmur, Indonesia sejatera” adalah motto yang dipegang teguh pemuda 27 tahun ini.

Seperti dilansir dari bbc.com, A Chien tennyata tidak sendirian menggapai asa dibelantika perpolitikan Indonesia, calon-calon politisi dari etnis keturunan Tionghoa dalam pemilu serentak yang akan datang sudah banyak bermunculan baik di tingkat daerah hingga nasional.

Pesta demokrasi menjadi kemewahan yang akhirnya dirasakan warga keturunan Cina yang berpuluh-puluh tahun dikekang aktivitas politiknya.

Taipan media Hary Tanoesoedibyo (HT) yang tak lain adalah mahaguru A Chien misalnya dalam pemilu 2014 tak ragu untuk terjun ke politik praktis dengan mendeklarasikan dirinya sebagai calon wakil presiden keturunan Tionghoa pertama lewat Partai Hanura.

HT lalu membelot mendukung Prabowo, setelah Hanura menyatakan dukungan ke presiden terpilih ir.Joko Widodo.

Contoh lainnya adalah bos Lion Air Rusdi Kirana - pebisnis keturunan Cina - juga secara terbuka menyatakan dukungan ke partai Islam, Partai Kebangkitan Bangsa.

Keputusan - yang dikutip oleh beberapa media - dibuat karena Rusdi merasa "terinspirasi oleh sosok Gus Dur yang memperjuangkan hak-hak warga Tionghoa".

Terlepas dari kontroversi dukung-mendukung parpol, munculnya warga etnis Tionghoa di panggung politik mencerminkan kebebasan dan demokrasi.

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (A Hok) misalnya, terbukti diterima baik oleh warga Jakarta dan menjadi pusat perhatian media karena kinerjanya yang dianggap baik dan tegas. Bagi A Chien (Thomas Saputra-red) pribadi ini menjadi ajang pembuktian: "Ini menjawab kepada publik bahwa penilaian terhadap kita (Tionghoa) ada yang keliru. Buktinya ketika kita diberikan kesempatan di sektor politik ternyata kita mumpuni" bebernya.
  
Diketahui, hari ini (senin 11 september 2017) atau 2 jam kedepan A Chien beserta beberapa pengurus Inti partai Perindo Kab.Langkat akan mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC Partai Gerindra Langkat, sebagai bukti bahwa A Chien bersungguh-sungguh untuk bertarung memperebutkan kursi Bupati Langkat di Pilkada serentak 2018 mendatang(hs9)


Komentar