Anggota DPRD Apresiasi Atas LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016

Redaksi: Kamis, 21 September 2017 | 14.50.00

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin.Harahap, SSTP, M.Si memberikan sambutan usai rapat Paripurna LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016 di gedung DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (20/9). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan merasa puas atas Laporan Keterangan dan Pertangung-jawaban (LKPj) Walikota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2016, walaupun ada sejumlah kritikan-kritikan yang dilontarkan anggota DPRD melalui pandangan akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kota Padangsidimpuan pada rapat Paripurna tentang LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016 di gedung dewan setempat.

“Selaku anggota dewan yang mengikuti Paripurna LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016, saya memuji dan merasa puas kepada Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si dalam menyampaikan LKPj TA 2016,“ ujar Imron Dalimunthe dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kota Padangsidimpuan usai mengikuti rapat Paripurna LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016 di gedung DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (20/9).

Menurutnya, sebahagian besar anggota DPRD Kota Padangsidimpuan yang hadir mengikuti Paripurna LKPj dan seluruh Fraksi di DPRD Kota Padangsidimpuan yang memnyampaikan pandangan akhirnya memberikan nilai plus pada kinerja Walikota Padangsidimpuan, walaui ada beberapa kritikan dan catatan, dengan harapan peningkatan kinerja terus dilakukan setiap tahunnya.

Imron Dalimunthe yang juga Ketua Komisi III DPRD Kota Padangsidimpuan membidangi Pendidikan, Kesehatan, Sosial menjelaskan, laporan yang disampaikan Walikota tersebut bisa diterima akal, karena sudah menunjukkan kinerja yang lebih baik. Hanya saja masih perlu dioptimalkan agar ke depan jauh lebih baik pencapaian kinerja sesuai dengan yang diharapkan.

“Secara pribadi maupun kelembagaan DPRD, saya mengapresiasi dan wajar diberikan aplaus kepada Walikota Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, dengan harapan kegiatan seperti ini agar lebih sering dilakukan guna menilai dan mengevaluasi kinerja eksekutif demi kemajuan Kota Padangsidimpuan ke depan,“ jelasnya.

Terpisah juga diungkapkan anggota DPRD KotaPadangsidimpuan lainnya Erwin Nasution, SH yang mengakui, kinerja eksekutif dari tahun ke tahun telah menunjukkan ke arah perbaikan. Namun, dia menyarankan perlunya mitra yang baik antara eksekutif dan legislatif.

“Tak ada gading yang tak retak. Tak ada pekerjaan yang sempurna. Namun kesalahan dan kelalaian kita harus selalu di evaliasi dan kita juga meminta agar setiap SKPD dapat melaksanakan tugas dengan optimal sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) masing-masing,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menambahkan, membangun Kota Padangsidimpuan bukan semata-mata tugas Walikota saja. Tapi tugas bersama seluruh stakeholder termasuk legislative.

“Sebenarnya, perlu kita sadari, LKPj Walikota Padangsidimpuan TA 2016 telah mengarah pada visi-misi Walikota Padangsidimpuan dan harus terus ditingkatkan. Jangan pernah merasa puas atas apa yang dicapai, dan harus selalu ada inovasi baru khususnya dalam meningkatkan pendapatan daerah,“ jelasnya.

Disrankannya, agar ke depan LKPj lebih mengedepankan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padangsidimpuan dan eksekutif perlu mencari langkah strategis guna mendongkrak PAD.

“Kota Padangsidimpuan sebagai daerah yang mengutamakan PAD dari sumber daya buatan, maka harus dipikirkan cara pengelolaannya agar dapat menghasilkan bagi daerah yang muaranya demi kelangsungan pembangunan Kota Padangsidimpuan,“ sarannya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

  
                                                                                    



Komentar