Babinsa Ramil 0824/11 Sumbersari Kebut Penyelesaian Program Jambanisasi

Redaksi: Sabtu, 09 September 2017 | 10.44.00

Sertu Sodikin dan Serda M Yasin Babinsa Kelurahan Antirogo Kec Sumbersari saat menyelesaikan pembangunan jamban warga masyarakatnya yaitu P Wasirullah 50 tahun pekerjaan buruh serabutan warga RT.01 RW.12 Lingkungan Jambuan Kel Antirogo Kec Sumbersari Jember, Jumat (08/09). (Foto: sis24)


JEMBER| HARIAN9 
Masih adanya masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya membiasakan hidup bersih pada saat seperti sekarang ini memang disebabkan oleh beberapa hal, hal yang mendasar kebanyakan alas an ketidak mampuan secara finansial untuk membuat sarana pembuangan kotoran yang memadai, salah satu contoh pembuatan jamban keluarga.

Selama berpuluh-puluh tahun dalam hidupnya masyarakat masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban keluaga, dan mereka biasanya kalau buang air besar di sungai/kali terdekat, hal ini tentunya salah satu kebiasaan hidup yang kurang sehat yang harus mendapatkan perhatian semua pihak.

Seperti yang dilakukan Sertu Sodikin dan Serda M Yasin Babinsa Kelurahan Antirogo Kec Sumbersari saat menyelesaikan pembangunan jamban warga masyarakatnya yaitu P Wasirullah 50 tahun pekerjaan buruh serabutan warga RT.01 RW.12 Lingkungan Jambuan Kel Antirogo Kec Sumbersari Jember, Jumat (08/09).

Babinsa disamping menyediakan bahan materialnya bahkan ikut bekerja bersama masyarakat penerima untuk mewujudkan pembangunan jamban keluarga dimaksud, dalam wawancaranya P Wasirullah menyampaikan terima kasih atas bantuan jamban dari Pak Babinsa dan Koramil Sumbersari, dengan adanya jamban ini kalau mau buang air sudah tidak perlu ke sungai lagi.

Saat ditanyakan kenapa baru sekarang mau membangun jamban, Wasirullah menjawab bahwa dirinya tidak mampu sebagai buruh serabutan bayarannya saja untuk makan masih kurang apalagi untuk membangun jamban ini.

Sedangkan Sertu Solidikin dan Serda M Yasin saat kita konfirmasi keduanya membenarkan terkait kondisi warganya tersebut, dan memang kesadaran hidup bersih dan sehat masyarakat di sini bisa dikatakan masih kurang hal ini dilihat dari rumah yang memiliki jamban keluarga saja di Lingkungan Jambuan ini dapat dihitung dengan jari karena sebagian besar mandi, cuci, kakus (MCK) masih menggunakan kali di sekitarnya.

Komandan Koramil 0824/11 Kapten Inf Suharyono yang kebetulan juga berada dilokasi kegiatan pembangunan jamban tersebut menyampaikan seperti inilah kondisi sebagian warganya yang masih belum memiliki jamban keluarga, bahkan dalam memberikannya bantuan jambanisasi inipun perlu pendekatan khusus sehingga masyarakat penerima mau merubah kebiasaan hidupnya menjadi lebih sehat.

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan adanya program jambanisasi oleh Komando Atas, dan di Kodim 0824 Jember ini kita realisasikan sekitar 450 unit jamban keluarga pada Triwulan II tahun 2017 ini, sehingga setiap Koramil kita berikan tugas membangun  14 atau 15 unit dan pada  periode sebelumnya juga sudah kita laksanakan program ini, sehingga secara bertahap tentunya untuk membiasakan masyarakat melakukan pola hidup sehat.

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Rudianto juga menyampaikan terima kasih kepada anggota dijajarannya yang telah menyelesaikan program jambanisasi ini karena program ini memang sedang berjalan sehingga ada yang sudah 100 persen, ada yang  70 persen bahkan ada juga yang masih mengawali, tidak masalah karena memang perlu proses pendekatan dulu dalam realisasinya agar masyarakan mau mengubah kebiasaannya. (sis24)  
Editor: Mardan H Siregar


Komentar