Bakamla RI Sampaikan Sistem Pertukaran Informasi Dalam Rakor Satgas 115

Redaksi: Kamis, 28 September 2017 | 23.29.00



MANADO| HARIAN9
Sejumlah personel Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Manado Bakamla RI menghadiri Sosialisasi SOP Gakkum dan Rakor Daerah yang diselenggarakan Satgas 115 di Manado. Kasie Pengelolaan Pertukaran Informasi Bakamla RI Adriansyah Putra Harahap, S.Si., MS. mewakili Kasubdit Informasi Bakamla RI AKBP Muhammad Ali, S.H. membeberkan tentang sistem pertukaran informasi Bakamla RI pada hari ke-2 kegiatan yang berlangsung di Ruang Resto Jendela Indonesia, Lion Hotel & Plaza, Manado, Kamis (28/9/2017).

Kehadiran personel Zona Tengah Bakamla RI yaitu Kabag Umum Waryoto, S.E. dan Kabid Inhuker Yospendi, S.T., S.Sos., S.H., M.Si serta beberapa personel lainnya adalah untuk memenuhi undangan Satgas 115 dalam rakor daerah bertema “Optimalisasi Penanganan Ilegal Fishing Satgas 115”, yang diselenggarakan selama dua hari tersebut. 

Beberapa materi yang didiskusikan antara lain permasalahan perbatasan laut Indonesia terkait illegal fishing oleh Sopsal, pembinaan nelayan kecil dan penggunaan alat tangkap ramah lingkungan oleh PSDKP-KKP, penanganan destructive fishing oleh Ditpolair, serta Maritime Surveillance dan Sistem Pertukaran Informasi oleh Bakamla RI. 

Selain itu pada hari pertama disampaikan pula oleh tim asistensi staf khusus Satgas 115 tentang Evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan Satgas 115, dan sosialisasi SOP penegakan hukum Satgas 115 oleh Ditops. Pada sesi akhir dilaksanakan diskusi panel tentang Upaya, Kendala, dan Permasalahan Penanganan Ilegal Fishing oleh instansi TNI AL, Polair, Bakamla RI, PSDKP, dan Kejaksaan di wilayah Manado dan Bitung, yang dihadiri pula oleh Komandan Lantamal VIII Manado Laksma TNI Suselo dan Direktur Operasi Satgas 115 Laksma TNI Wahyudi H. Dwiyono.

Dalam paparan yang disampaikannya, Adriansyah membeberkan beberapa hal antara lain tugas pokok dan fungsi Bakamla RI, maritime surveillance system, proses pemantauan Pusat Informasi (PIM) Bakamla RI untuk deteksi awal, pemantauan lanjutan yang dilaksanakan Dit. Datin untuk dukungan operasi kamla, serta mekanisme pertukaran informasi. Selain itu disampaikan juga tentang sosialisasi SOP penegakan hukum dan koordinasi daerah di Manado. (Autentikasi:Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Mar Mardiono). rel/01.

Komentar