BPJS Peduli Kesehatan Mahasiswa Gelar Goes To Campus

Redaksi: Minggu, 24 September 2017 | 00.01.00

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Mahasiswa diharapkan dapat menjadi peserta jaminan kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS), sebab usia remaja merupakan masa yang paling rentan dan memiliki resiko yang cukup besar terpengaruh lingkungan.

Dengan rasa peduli kesehatan pada para mahasiswa maka BPJS Kesehatan menggelar kegiatan"BPJS Kesehatan Goes to Campus". 

Dan acara ini di gelar di 9 Perguruan tinggi yang tersebar diseluruh indonesia,  yakni Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponogoro, serta Universitas Sebelas Maret.

Direktur Peluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan kegiatan ini ditargetkan kepada mahasiswa agar tidak terkena penyakit katastropik seperti stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, hipertensi dan sebagainya.

"Penyakit tersebut tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak dan remaja akibat kiranya olahraga dan pola makan tidak sehat yang disebabkan obesitas," ujarnya di kampus USU, Jumat (22/9/2017).

Dikatakannya, promosi pola hidup sehat kepada generasi muda harus dilakukan sejak dini, sehingga diharapkan para generasi muda dapat terhindar dari resiko penyakit katastropik.

"Penyakit katastropik cenderung terjadi karena faktor kebiasaan perilaku hidup tidak sehat, seperti merokok, makanan tidak sehat dan kurang olahraga dan sebagainya. Jika dibiarkan, kondisi tersebut diharapkan dapat membawa dampak kurang baik bagi kualitas kesehatan penduduk Indonesia maupun kelangsungan program JKN-KIS," katanya.

Dikatakannya, selain edukasi tentang pola hidup sehat sejak dini, kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Campus tersebut juga diharapkan dapat membentuk serta meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri para pelajar, terutama dalam hal pelaksanaan program jaminan kesehatan di Indonesia.

Sementara itu Rektor USU, Runtung Sitepu mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan yang memberikan berbagai informasi untuk mendukung kesehatan para mahasiswa.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka informasi tentang BPJS kesehatan untuk para mahasiswa dapat menjadi peningkatan bagi anak anak anak didik dalam menjaga kesehatannya," ujarnya.

Dikatakannya, mahasiswa juga harus tau dan memahami untuk beberapa  kelas BPJS Kesehatan, dengan tujuan masyarakat maupun 5 mahasiswa agar dapat menjaga kesehatannya. (jae9)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar