Bupati Buka MTQ Ke X Tingkat Kabupaten Paluta

Redaksi: Sabtu, 09 September 2017 | 22.56.00


Bupati Paluta Drs Baghrum Harahap saat memukul beduk sebagai tanda dibukanya pelaksanaan MTQ ke X tingkat Kabupaten Paluta tahun 2017 alun-alun Kota Gunungtua, Kamis (7/9/2017) malam. (Foto: Riswandy)
PALUTA| HARIAN9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs. H Bacrum Harahap membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke X tingkat Kabupaten Paluta Tahun 2017, di alun-alun Kota Gunungtua, Kamis (7/9/2017) malam.

Pembukaan MTQ ditandai dengan penaikan bendera MTQ serta pemukulan beduk, dihadiri Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan, Wakil Ketua DPRD H Hariro Harahap, Basri Harahap, Kejari Paluta, anggota DPRD Paluta, para SKPD, Camat se-Paluta, OKP, sejumlah tamu kehormatan dari Kabupaten tetangga beserta undangan lainnya

Ketua LPTQ Burhan Harahap SH yang juga ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan MTQ ke X tingkat Kabupaten Paluta ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7 hingga 9 September 2017.

Disampaikannya, jumlah total peserta sebanyak 400 orang yang berasal dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Paluta dengan memperlombakan 20 cabang perlombaan diantaranya Mujawad tingkat anak-anak, remaja, dewasa dan Qira'at Sab'ah. Hifzil Qur'an 1, 5, 10, 20 dan 30 Juz. Fahmil Qur'an, Syahril Qur'an, Khattil Qur'an, Tafsir Qur'an, Murottal/Tartil Al-Qur'an, Makalah Ilmiah Al-Qur'an dan Tilawah dan yang lainnya.
Bupati Paluta, Drs H Bachrum Harahap dalam sambutannya, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap panitia serta masyarakat atas partisipasinya dalam penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X tingkat Kabupaten Paluta.

Ia menambahkan, salah satu upaya untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al-qur’an sekaligus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT adalah melalui penyelenggaran MTQ yang sudah menjadi program yang diselenggarakan mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional dan bahkan internasional.

“ Marilah kita jadikan MTQ kali ini sebagai sarana untuk menggali Qori dan Qori’ah daerah kita dalam membaca, menulis,memahami dan mengamalkan Al-Qur’qn sesuai dengan visi misi Kabupaten Paluta yakni mewujudkan masyarakat Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat, ” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan dengan terlaksananya acara MTQ  ke X ini akan menjadi momentum untuk kemajuan santri-santri yang berasal dari Paluta untuk bersaing ditingkat nasional. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh peserta yang akan bertanding agar dapat tampil semaksimal mungkin dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dalammeraih kemenangan.

Selain itu, Bupati Drs H Bachrum Harahap juga mengajak masyarakat supaya turut serta mensukseskan serta menjaga kekondusifan selama acara berlangsung, demi terjalinnya silaturahmi antar sesama umat Islam di Paluta, dan diharapkan dapat meningkatkan pengamalan isi kandungan Al-Quran untuk mewujudkan Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat, harapnya.

“ Melalui kegiatan ini, semoga syiar agama islam dapat semakin berkibar. selain itu, semoga kegiatan ini juga menghasilkan para peserta terbaik yang siap bersaing dalam MTQ tingkat Provinsi dan nasional nantinya, “ ungkap Bupati.

Sementara Kakan-Kemenag Paluta, Drs H Permohonan Siregar mengatakan, pelaksanaan MTQ diharapkan dapat menjadi cermin didalam memacu prestasi bagi qori dan qoriah dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan kecintaan masyarakat kepada Al-Qur’an dengan membaca,memahami sehingga bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“ Selain untuk meningkatkan keimanan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an, MTQ bertujuan memilih qori-qoriah hafidzh mufassir dan peserta terbaik dari setiap cabang. sehingga qori-qoriah terbaik dapat menjadi utusan kabupaten Paluta untuk ajang MTQ tingkat Provinsi Sumut nantinya, “ ujarnya. 

Usai menyampaikan kata sambutan dan arahan, Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap memukul beduk sebanyak 10 kali sebagai pertanda MTQ ke X tingkat Kabupaten Paluta tahun 2017 dibuka secara resmi. (Wan9)
  



Komentar