Bupati dan Dandim 0209/LB Sholat Idul Adha di Lapangan Ika Bina Rantauprapat

Redaksi: Minggu, 03 September 2017 | 01.03.00

Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE.MSI  sholat Idul Adha di lapangan Ika Bina Rantauprapat. (Foto: Thamrin Nasution)


LABUHANBATU| HARIAN9
Sholat Idul Adha 1438 H yang dilaksanakan di lapangan "Ika Bina" Rantauprapat tampak Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE.MSI, bersama Dandim 0209/LB  Letkol Czi.Denden Sumarlin SE., Plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih SH, Kepala Kantor Kementerian Agama Labuhanbatu Drs.H. Safiruddin MPd., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap bersama ribuan ummat muslim yang memadati lapangan tersebut,  Jumat (01/09/17).

Bertindak sebagai Imam Hamdan Abdul Ghafur  SE salah seorang ASN di Bagian Perekonomian Setdakab Labuhanbatu sedangkan khotib Drs.H.Ali Umar Ritonga dari kantor Kementerian Agama Labuhanbatu.

Drs.H. Ali Umar Ritonga dalam khutbahnya menyampaikan Idul Adha yang sedang kita rayakan saat ini disebut juga "Yaumun Nahr" yakni hari pemotongan binatang ternak sebagai Qurban.

Sejarahnya bermula dari ujian yang sangat berat kepada Nabi Yullah Ibrahim Alaihassalam,karena kesabaran dan ketabahannya dalam menghadapi ujian dan cobaan, maka akhirnya Allah SWT memberinya sebuah anugerah kehormatan sebagai "Kholilullah" atau kekasih Allah.

Tepatlah apabila perayaan Idul Adha ini digunakan menggugah hati kita untuk ber Qurban bagi Negara, khususnya Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, mari  kita dukung program Bupati Labuhanbatu dalam segala bidang sesuai dengan bidang dan tupoksi kita masing-masing.

"Kita sama-sama berusaha berjuang dan ber doa untuk kepentingan dan kemakmuran masyarakat kita kendati perjuangan itu tidaklah mudah, memerlukan kesabaran dan pengorbanan," tuturnya.

Ali Umar Ritonga selaku Khotib mengingatkan untuk menghindarkan ucapan dan tindakan yang provokatif maupun ajaran kebencian terlebih-lebih para Ulama dan Ustadz. 

"Ingat tugas Ulama dan Ustadz adalah menciptakan kedamaian dan suasana kondusif tentu dengan  "Bil hikmah, Walmau Izotil Hasanah Wa Jadilhum Billati Hiz Ahsan"  bukan dengan ungkapan permusuhan, provokatif dan memperkeruh suasana," ujarnya.

Terkhusus kepada saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji, kita doakan semoga selamat dan sukses dalam menjalankan ibadahnya serta selamat kembali ke tanah air dan memperoleh haji yang mabrur.

Dengan pelaksanaan sholat Idul Adha 2438 H dengan Thema "Dengan semangat Hari Raya Idul Adha 1438 H kita tingkatkan perjuangan dan pengorbanan menuju Labuhanbatu yang religius".

Disebutkannya, Allah SWT tidaklah menuntut kita untuk menyembelih dan mengorbankan anak kita, sebab Allah tahu kita tidak akan mampu menjalaninya.

"Jangankan memotong anak kita memotong sebagian harta kita untuk menyembelih hewan Qurban kita masih terlalu banyak berfikir memotong dua setengah porsen harta kita untuk zakat," tuturnya.

"Kita masih banyak alasan memotong sedikit waktu untuk sholat lima waktu kita masih lalai,menunda sebentar waktu makan untuk berpuasa kita tidak mampu melaksanakannya," sebutnya. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar