Bupati Paluta Hadiri Peringatan HUT IBI Ke 66

Redaksi: Kamis, 14 September 2017 | 02.43.00

Bupati Paluta Drs.H Bachrum Harahap memotong nasi tumpeng disaksikan Ketua PC IBI Kabupaten Paluta Ernita Manurung STr Keb MKM dan undangan lainnya pada peringatan HUT IBI ke 66 tahun 2017 tingkat Kabupaten Paluta, Rabu (13/9).‎ (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs. H Bachrum Harahap hadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 66 tahun 2017 yang diselenggarakan pengurus Cabang IBI Kabupaten Paluta, di aula kantor lembaga adat Kabupaten Paluta, Rabu (13/9)‎.

Acara yang mengangkat thema “Bidan Mengawal Kesehatan Keluarga Dengan Layanan Holistik dan Berkesinambungan“, dirangkai dengan kegiatan seminar sehari yang dihadiri Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap Shi, Wakil Ketua DPRD Paluta Basri Harahap, Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH, Kadis Kesehatan Paluta dr Junaidah Hasanah Harahap MKes, Ketua IBI Paluta Ernita Manurung STr Keb MKM, perwakilan Kimia Farma Khairul Anwar, sejumlah pimpinan SKPD Paluta, TP PKK Paluta, Persit KCK, Bhayangkari Paluta, IDI Paluta dan sejumlah pimpinan organisasi kewanitaan beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Drs. H Bachru‎m Harahap dalam sambutannya mengatakan, pekerjaan bidan ini sangat mulia karena mengawal kesehatan keluarga, menjaga reproduksi kaum perempuan dan menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Selamat HUT IBI yang ke 66, semoga bidan tetap mampu mengawal kesehatan keluarga dengan layan holistik dan berkesinambungan,“ ujar Bupati.

Menurutnya, partisipasi organisasi IBI secara mandiri sangat dibutuhkan‎ demi meningkatkan bidan berkualitas, mandiri dan cerdas. Dan Pemkab Paluta akan tetap serius memperhatikan kesejahteraan bidan. 

Karena itu, ia berharap agar seluruh bidan terutama anggota IBI Kabupaten Paluta agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mengawal kesehatan keluarga demi mewujudkan visi misi Kabupaten Paluta yakni mewujudkan masyarakat Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat.

“Jadilah bidan yang sesungguhnya dan menjadi ujung tombak untuk peningkatan kesehatan masyarakat dengan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Paluta,“ katanya.

Sebelumnya, Ketua PC IBI Kabupaten Paluta Ernita Manurung STr Keb MKM dalam sambutannya‎ menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Paluta beserta undangan yang hadir dalam acara perayaan HUT IBI yang ke 66 tahun 2017.

Dikatakannya, PC IBI Kabupaten Paluta saat ini memiliki 14 ranting dengan anggota sebanyak 771 orang yang berlatar belakang PNS, honorer, PTT, pensiunan dan yang lainnya.

Di samping itu katanya, dalam rangkaian kegiatan HUT IBI ke 66 tahun 2017, PC IBI Kabupaten Paluta telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan IVA test serentak di Indonesia pada tanggal 4 Juli lalu yang digelar di 4‎ titik yakni Puskesmas Pangirkiran, Puskesmas Batang Pane, Puskesmas Langkimat dan Pustu Marlaung dan IBI Paluta meraih rekor MURI pemeriksaan IVA serentak di lokasi dan oleh bidan terbanyak diangkat menjadi CPNS.

“Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Paluta khususnya Bupati Paluta atas perhatian dan supportnya kepada seluruh bidan selama ini,“ katanya.

Sementara, ketua panitia pelaksana HUT IBI ke 66 tahun 2017 Kabupaten Paluta‎ Hj Robiatul Adawiyah STr Keb melalui sekretaris Emi Sari Pohan SST dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang bertujuan untuk penguatan profesi dan organisasi dalam meningkatkan kualitas anggota IBI dan memantapkan IBI Kabupaten Paluta sebagai organisasi profesi bidan yang handal diikuti oleh 771 bidan yang ada di Kabupaten Paluta.

Pada peringatan HUT IBI ke 66 ini pihaknya menggandeng PT Kimia Farma dan juga diisi dengan kegiatan seminar sehari‎ yang menghadirkan narasumber yakni dr H Adrin Mahmudin Harahap SPog dengan materi kegawatdaruratan obtetri, dr Arie Taufansyah P Nasution MKed (Ped) SpA dengan materi kegawat daruratan neonatal dan Kapolsek Padang Bolak AKP Syahrul SH MH yang membawakan materi tentang narkoba.‎ ‎(Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


                                                                                   


Komentar