Bupati Tapsel Teken MoU Dengan Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Wilayah Sumut

Redaksi: Kamis, 28 September 2017 | 00.30.00

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Wilayah Sumut Bakhtaruddin menandatangani MoU disaksikan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu di dampingi Sekda Tapsel Drs. Parulian Siregar usai acara FGD  di aula Lantai 3 Kantor Bupati Tapsel, Senin (25/9). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) tandatanagni nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Negara Wilayah Sumatera Utara (Sumut)  di aula Lantai 3 Kantor Bupati Tapsel, Desa Kilang Papan Sipirok, Senin (25/9).

Penandatanganan MoU dilakukan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Pebendaharaan Negara Wilayah Provinsi Sumut Bakhtaruddin usai acara Forum Group Diskusi (FGD) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Kepala Desa Se-Kabupaten Tapsel, yang nota MoU tersebut diantaranya berisi tentang Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dan Dana Alokasi Khusus Fisik dan Pengelolaan Dana Desa. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu  mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa agar menggunakan Dana Desa sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa, sehingga nantinya tidak satu rupiah pun Dana Desa lari dari RPJM Desa tersebut. 

Sementara itu menyinggung sebanyak 67 Kepala Desa yang akan pensiun pada 24 November 2017 tahun ini, Bupati berharap kepada Ditjen Perbendaharaan Negara Wilayah Sumut agar secepatnya mencairkan Dana Desa tahap kedua.

“Sebab sejak tanggal 22 November lalu, saya sudah instruksikan kepada para Kepala Desa yang akan memasuki masa pensiun untuk menyelesaikan SPJ terkait penggunaan Dana Desa tersebut,“ ujar Syahrul.

Terkait dengan bantuan mobil perpustakaan dan buku pustaka yang diterima Bupati dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, Bupati Syahrul menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa agar Dana Desa disisihkan untuk mem back up pembangunan perpustakaan Desa.

Sementara itu Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Wilayah Sumut Bakhtaruddin dalam paparannya menyatakan, amanah dari Menteri Keuangan tentang tugas dan fungsi Ditjen Perbendaharaan di Provinsi adalah sebagai wakil menteri keuangan agar pelaksanaan keuangan dalam bentuk penggunaan anggaran lebih efektif dan efisien.

Ia meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk terus belajar dan memahami tentang regulasi dan aturan yang berhubungan dengan Dana Desa, agar serapan dari anggaran Dana Desa bisa lebih cepat dan lebih baik lagi. 

“Saya tekankan agar penggunaan Dana Desa jangan hanya bertumpuk kepada fisik saja, tetapi bisa digunakan dalam bentuk Program Kredit demi kesejahteraan masyarakat desa,“ paparnya.

Hadir pada penandatanganan MoU tersebut, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, Kabid Pelaksanaan Anggaran II pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provsu Monik, Kepala KPPN Padangsidimpuan Anonom Cony Fetti Sitinjak, Kepala BPKAD Ahmad Buhori, Kepala Bapeda Ongku Muda Atas SE, Kepala PMD Ginda Uli Pasaribu S. Sos, Camat dan Kepala Desa Se-Tapsel.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                   







Komentar